Kamis, 12 November 2009

Membuat Grid Dalam Archicad

Ketika kita ingin membuat suatu denah, terkadang kita membutuhkan grid. Pada layout denah, grid berfungsi untuk mempertegas garis. Pemakaian grid ini juga tergantung kebutuhan masing-masing pengguna archicad. Terkadang dengan adanya grid, kita dapat mengatur besaran dari suatu denah yang terbagi dalam modul-modul grid dalam layout. Dalam tutorial singkat kali ini, saya akan memberikan settingan grid dalam archicad. Untuk tutorial ini saya menggunakan archicad versi 11,
Langsung saja:


Buka settingan Grid pada view, pilih Grid Option, lalu pilih Grid & Background.





Setelah di klik pada gambar yang diatas, maka akan muncul Grid &Background. Lalu ubah saja parameternya, ubah menjadi 50 saja. Sebenarnya jumlah spacing pada main Grid tergantung kebutuhan , bisa juga 100, 200, atau 300. Untuk lebih mudah nya, pakai saja grid dengan jarak 50. Untuk settingan lainnya, dibiarkan standar saja. Setelah itu klik ok.





Setelah selesai men-setting grid & background, lalu jangan lupa aktifkan snap grid, diklik. Setelah itu, grid pada layout akan aktif membentuk grid dengan ukuran 50. Pada tutorial ini, skala yang digunakan adalah 1:100, maka tiap grid adalah ukurannya 50 cm.





Ini adalah hasil settingan yang sudah dibuat tadi. Terlihat, ukuran garisnya pas diangka 50. Jadi per tiap grid jaraknya adalah 50 atau 50cm. sekali lagi untuk ukuran grid, tergantung kebutuhan juga, bisa saja tiap grid jaraknya 300, 400, 500, bahkan 600 atau lebih, jadi tergantung kebutuhan.





Sekian tutorial singkat archicad kali ini, semoga bermanfaat…. Tentunya bagi pengunjung setia blog saya ini.. ok.

Reaksi:

1 komentar:

"membuat grid dalam archicad"