Senin, 26 Oktober 2009

Defrag Hardisk Yuk..

Setiap hari kita selalu tidak jauh dari computer PC atau Laptop. Banyak kegiatan yang dilakukan seperti mengetik, saling tukar data, copy paste, menukar satu folder ke folder lainnya, bermain game, danlainnya, sehingga tak terasa computer kita apabila membuka suatu folder akan terasa lebih lama, dan windows seperti mencari-cari folder yang kita maksud. Apabila seperti ini semakin lama dibiarkan saja, maka computer bisa saja menjadi hang (error).

Hal semacam ini bisa diatasi dengan cara men-Defrag hardisk. Tujuan dari defrag hardisk tersebut adalah untuk merapikan susunan-susunan file, folder pada tempatnya , juga bisa menjaga agar hardisk kita menjadi lebih awet.

Kegiatan defrag hardisk ini bisa dilakukan kapan saja. Rekomendasi saya, defrag lah hardisk seminggu atau dua minggu sekali, tetapi itu semua tergantung pada pemakain masing-masing pengguna.

Perlu diketahui ketika sedang men-defrag hardisk, kita jangan membuka program lain karena ini bisa mengganggu proses defrag yang dilakukan. Pada windows terdapat tools yang bisa digunakan untuk men-defrag hardisk, yaitu: Disk defragmenter.


Tools disk defragmenter ini bisa di akses pada menu start-program-accessories-system tools-disk defragmenter.


Penggunaannya sangat mudah, pertama-tama pilih drive mana yang akan di defrag, setelah itu pilih menu Defragment, maka secara otomatis, windows akan melakukan proses defrag.



Selain menggunakan tools bawaan windows, ada jiga software untuk defrag hardisk yang cukup bagus menurut saya, dan software ini saya rekomendasikan untuk digunakan. Software ini adalah Smart Defrag dari IObit.com


Tampilannya mudah dipahami , dengan hanya beberapa klik, secara otomatis smart defrag akan melakukan defragmenter hardisk.





Kita bisa men-setting jadwal defrag secara otomatis, sehingga kita tidak perlu lagi memikirkan kapan waktu untuk men-defrag hardisk.




Beberapa settingan bisa diatur melalui menu option ini, seperti secara otomatis akan muncul pada saat start-up windows, menggunakan teknologi smartsilent pada saat men-defrag, dll.




Ada pilihan untuk memilih konfigurasi cara men-defrag, yaitu hanya defrag saja, defrag dengan optimisasi yang cepat, dan defrag dengan optimisasi yang mendalam. Pada smart defrag ini, kita tak perlu lagi menunggu sampai proses defrag selesai, kita bisa men-centrang turn off computer after defragment , yang secara otomatis akan melakukan shut down apabila proses defrag telah selesai.


Setelah selesai defrag hardisk, lalu Restart computer, setelah itu hidupkan kembali…. Maka kita akan merasakan perubahan dengan cepatnya computer mencari atau membuka file atau folder yang kita cari.


Mungkin cara men-defrag hardisk ini sudah banyak yang mengetahui, tapi saya mencoba untuk berbagi pengalaman menggunakan software sejenis yang lebih powerfull, juga mengingatkan supaya secara rutin men-defrag hardisk, agar data file / folder kita dapat diakses dengan baik.

Reaksi:

4 komentar:

Defrag berfungsi juga untuk menjaga kesehatan harddisk..

Info yg bermanfaat..

iya bro..harus rajin-rajin defrag yah.. minimal 2 minggu sekali. tp tergantung kebutuhan juga,,,

Bisa juga dengan menggunakan Auslogics DiskDefrag. Silakan baca di http://www.auslogics.com/en/software/disk-defrag

@amirdtr:
ya.. itu juga soiftware bagus. tapi menurut saya iobit smart defrag yang paling lengkap fiturnya, gampang digunakan, dan gratis...