Senin, 28 Juni 2010

Membuat 3D Document Pada ArchiCAD 12

Setelah sekian lama tidak menulis tips dan trik ArchiCAD karena kesibukan saya akhir-akhir ini, kali ini saya akan memberikan tips bagaimana membuat 3D document pada ArchiCAD. Untuk tutorial ini, saya menggunakan ArchiCAD versi 12.

Pada software ArchiCAD, pengguna dimudahkan untuk membuat dokumentasi secara 3 Dimensi dengan mudah, tujuannya adalah agar gambar atau desain yang dihasilkan lebih lengkap baik dari ukurannya maupun detailnya. Pada tutorial ini, saya menggunakan objek tangga lengkap dengan keterangan mengenai elemen-elemen tangga. Dengan menggunakan 3D Document, kita bisa memasukkan keterangan gambar maupun ukurannya.


Untuk tutorial ini, seperti biasa untuk melihat gambar lebih jelas lagi, silahkan untuk meng-klik gambar tutorial untuk memperbesar (zoom).

Langsung saja :


Langkah pertama, buat objek misalnya tangga. untuk mempersingkat waktu, bisa langsung memanggil lewat menu Stair pada sebelah kiri toolbar. Misalnya pilih Stair L-shape 12. Lalu pilih ok.




Setelah itu, pilih generic perspective pada sebelah kanan toolbar, pilih dengan meng-Klik Kanan. Setelah di Klik Kanan, Maka akan muncul pilihan menu. Plilih saja New 3D Document.




Maka akan muncul jendela New 3D Document, isi Reference ID dan Name nya misalnya Tangga-1. Lalu pilih Create.




Setelah di create, maka secara otomatis object tangga tadi menjadi document 3D. bisa dilihat di sebelah toolbar kanan dengan nama Tangga-1.




Untuk membuat keterangan gambar atau juga keterangan ukuran bisa menggunakan Label pada toolbar sebelah kiri.





Sekian tutorial singkal ArchiCAD ini… semoga bermanfaat.



Salam hangat,

yudha

Reaksi:

4 komentar:

Artikel yang menarik..
Makasih infonya..
Salam...:)

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Universitas Islam Indonesia
http://fcep.uii.ac.id/

@UII Fans:
maaf saya baru sempat online lagi. trims sudah mampir ke blog sederhana saya. salam kenal :)

Keren gan, informasinya sangat menarik, ma kasih

haloo Mas Yudha... mengapa window 3D pada archicad 11 saya tidak bisa dibuka? setiap kali buka window 3D (dengan pencet F3) selalu program jadi Quit... tq