Jumat, 29 Januari 2010

Plafon Tinggi Penambah Sejuk



Jarak atap dan plafon menentukan suhu didalam ruangan. Semakin pendek jarak plafon dari lantai, maka potensi ruang panas semakin besar. Karenanya buatlah plafon dengan ketinggian yang memadai. Hendaknya tinggi plafon lebih dari 3 m, atau setara dengan dua kali tinggi tubuh manusia dewasa yang berdiri tegak. Dengan ketinggian itu, posisi kepala anda berjarak dari sumber radiasi panas, sehingga panas yang diterima tubuh berkurang.




Variasi lain dari ketinggian plafon adalah void (plafon tinggi yang menerus hingga ke atas lantai dua. Ketinggian void sama dengan dua kali tinggi lantai. Fungsi void membuat aliran udara lancer dan skala ruang berkesan lega.





Void juga bisa menjadi media reflector cahaya sebagai penerang ruangan. Gunakan warna cerah atau putih untuk dinding area void. Jika tersorot matahari atau cahaya lampu, dinding void akan merefleksikan bias cahaya ke ruangan disekitar void.

Biasanya void berada dibagian tengah bangunan, membagi lantai mezanin. Dekat void terkadang ditempatkan jendela yang cukup lebar, sebagai jalan masuk cahaya kedalam.
Untuk mencegah cahaya panas, di tepi jendela diberi lubang udara. Udara panas yang terperangkap dalam void terdorong keluar dan tidak turun ke ruangan.



Untuk plafon rumah, di rumah saya ketinggian plafon standar saja dengan ukuran 3m, tetapi menurut saya itu kurang… , karena seharusnya lebih dari itu agar sirkulasi udara lebih maksimal.

Dirumah saya juga terdapat void, tetapi letaknya tidak berada ditengah rumah, letaknya agak ke belakang. Pada rumah saya, pada waktu siang hari tidak memerlukan cahaya lampu, dikarenakan adanya void tadi. Void yang ada pada rumah saya terdapat sumber cahaya matahari yang berasal dari bukaan material polycarbonate transparan yang berbentuk segi empat.






Thanks to:
-Majalah IDEA edisi 73/VII/2010
-www.swaiklan.com ,atas gambar plafon nya
-www.google.co.id

Reaksi:

5 komentar:

"plafon tinggi sirkulasi udara pun lancar"

ooh begitu...jadi minimal tinggi plafon 3 meter ya supaya tidak panas

@Nanang F:
ya, dengan tinggi segitu (3,10 m) akan didapat proporsi tinggi ruangan yang cukup, sehingga akan terasa tidak panas. tak hanya dengan tinggi plafon, banyaknya bukaan-bukaan seperti jendela, memudahkan aliran udara mengalir dengan lancar.

trims sudah mampir di Blog saya :0

Binung..... Desain Plafon yang ane lihat cuma gitu2 doank.... ga ada yang lain??? apa anda punya desain yang baru??

Dari berbagai macam konsep rumah yang tersedia, selain desain dan gambar rumah minimalisnampaknya rumah berkonsep klasik adalah rumah dengan konsep yang tak lekang dimakan oleh waktu. Dan dapatkan pilihan atau model dekorasi rumah Anda di Sini