Jumat, 20 November 2009

Membuat Dinding di Bawah Tangga Pada Archicad

Adakalanya pada waktu kita membuat sebuah tangga, lalu kita ingin menutup celah ruang kosong yang berada dibawah tangga dengan menggunakan wall/dinding pada archicad, dapat dengan mudah dibuat menggunakan satu tools pada archicad.

Pada tutorial kali ini, saya akan membuat bagaimana caranya membuat dinding di bawah tangga. Seperti diketahui, tangga merupakan objek penting di dalam sebuah bangunan, dengan tangga kita dapat menghubungkan satu lantai dengan lantai lainnya. Tangga juga merupakan objek interior yang perlu diperhatikan. Adanya ruang kosong dibawah tangga, sebenarnya dapat di manfaatkan, misalnya dengan membuat sebuah tempat seperti untuk penyimpanan sesuatu barang. Ada juga yang menutup ruang kosong dibawah tangga dengan berbagai alasan.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan archicad versi 11 dan menggunakan contoh layout 2D dan 3D dari tugas saya. Untuk lebih jelas mengenai gambar yang saya sediakan, klik saja untuk memperbesar gambarnya..

Langsung saja:



Sebelumnya, buat/tampilkan dahulu objek tangga nya, bisa diambil dalam library archicad. Pilih salah satu objek tangganya.






Pada layout contoh layout tutorial, saya membuat suatu denah seperti pada gambar 2D dan 3D diatas, lalu saya memasang wall/dinding pada kanan dan kiri dari tangga tersebut, yang nantinya akan ditutup dengan wall/dinding.





Untuk memulai, terlebih dahulu klik objek tangga nya, lalu pilih design pada menu toolbar atas, lalu pilih Solid Elements Operations.






Lalu akan muncul jendela Edit Targets and Operators seperti pada gambar diatas. Setelah itu, pilih dahulu wall/dinding yang akan di Modifikasi secara bersamaan dengan menekan tombol SHIFT pada keyboard , pada gambar ada 4 objek wall. Setelah dipilih objek wall nya, pilih Get Target Elements. Dalam hal ini, objek wall di jadikan target element yang akan di modifikasi. Terlihat pada gambar, ada 4 Target Element Stored.






Setelah selesai pada objek wall nya, selanjutnya pada objek tangga nya. Pilih objek tangga, lalu pada Edit targets and Operators, pilih Get Operators Elements. Terlihat pada gambar, ada 1 Operator Elements Stored.






Setelah itu, pada choose operations, pilih Substractions with upwards extrusion.








Lalu pilih Execute..!! , terlihat pada gambar diatas, hasilnya….. objek wall yang sebelumnya dibuat, otomatis terpotong mengikuti objek tangga.





Semoga tutorial ini bermanfaat bagi yang mengunjungi blog saya ini...

Reaksi:

15 komentar:

"Membuat Dinding di Bawah Tangga Pada Archicad"

wah ... mantab desainya ...

s'lam kenal mas...

@ivenx oyz:
trims mas.... salam kenal juga dr yudha... thanks yah sudah berkunjung..

aku gak bisa sampai sana...
masih pemula yud.
aku perlu banyak belajar lagi trik2 archicad

jago archicad yaa.. siip :-) ..gw dulu pake AutoCad yudha.. tpi udah lama ngk gw pake skill autoCad gw..bisa2 kaku nih :D btw mf ru mampir Net gw lagi lemot

@Vmancer:
iya bro, sebenarnya archicad banyak banget trik2nya... klo di telusuri lebih dalem lagi, makin bnyak yg bisa diperbuat dengan archicad... thanks yah udah komenn..

@Andi wong:
aku gak jago kok...hanya ingin berbagi saja, dan aku juga masih perlu banyak belajar lg...msh bnyak yg aku blum tahu...
wah2, kw bisa Autocad jg nih... mantap2..

Sukses selalu buat anda mas...

http://nashararchitect.blogspot.com

temu darimana tadi blog saya?

terima kasih..

@Nashar:
makasih.... sama-sama mas.. sukses jg buat mu sobat..

blog mu aku tahu dari hasil googling...

mantep tenan... tekunin terus n siap jadi pro nih om Yudh ! Asli keren ( kagak gombal ) ntr klo ogut mo bangun rumah dah ada arsiteknya deh.

salam sahabat
wah siip dicoba semoga bisa thnxs n good luck ya

@dukdukmonk:

makasih om.... doain aja yah.., boleh2, barangkali aja ogut bisa ngasih ide buat om...

@Dhana:

ok... semoga bermanfaat ya... makasih sudah mampir...

infonya mantap. Blh nanya gak. Sy pake archicad 13,dan sy ingin memasukkan objek motor ke archicad, tpi di archicad tdk ada. Kira2 ada yg pny gak ya?

Kren desainnya mas..
saya mau tnya nih,prbedaan autocad sama archicad tu apa ya?