Senin, 16 November 2009

Malwarebytes’ Anti Malware

Kali ini saya ingin sharing kepada teman-teman blogger mengenai salah satu tools software security, yaitu Malwarebytes’ Anti Malwar (Mbam). Saya sebenarnya sudah mengetahui tentang software Mbam ini sudah lama, dan saya pernah memaakainya dulu, tapi saya lupa versi berapa nya.

Beberapa minggu yang lalu saya tertarik untuk mencoba mendownload Mbam versi freewarenya, dan saya lalu meng-installnya di laptop saya. Sebelum mencoba men-scan, terlebih dulu saya meng-update secara online lewat SMART Modem. Setelah selesai saya men-scan secara Full-scan. Lalu tiba-tiba Mbam ini mendeteksi suatu malware yang berada di registry. Perlu diketahui juga, saya sering menggunakan laptop saya ini untuk online. Setelah selesai, saya lalu meng-karantina objek malware yang terdeteksi mbam ini. Kemungkinan, malware yang terdeteksi ini lolos dari scan antivirus dan antispyware yang saya punya.

Ternyata, cukup bagus juga kinerja Mbam ini, saya berpendapat, Mbam sangat cocok untuk tambahan security untuk komputer/laptop kita, terutama bagi yang sering online. Dari beberapa milis/forum mengenai security computer yang saya baca, mbam ini termasuk software yang di rekomendasikan.

Software ini, terdiri atas dua versi, yaitu versi purchase/berbayar dan versi freeware/gratis. Untuk laptop saya ini, saya menggunakan yang versi free nya, yang juga menurut saya cukup baik meskipun tidak ada real time protectornya. Berikut saya mencoba untuk sedikit mereview beberapa fitur dan tampilan dari Mbam:


Ini merupakan tampilan awal dari Mbam ketika kita membuka programnya, tersedia opsi untuk men-scan, yaitu quick scan dan full scan. Rekomendasi saya, gunakan saja opsi full scan untuk mendapatkan hasil yang baik, siapa tahu ada malware yang bersembunyi secara diam-diam.





Screen shot ini memperlihatkan check for updates. Mbam dapat di update database malwarenya secara online. Ukuran file downloadnya pun cukup kecil, kurang lebih 3 mb. Updatenya menurut saya cukup cepat, tapi tergantung juga koneksi yang kita miliki.





Ini merupakan settingan yang dapat kita rubah/inginkan, seperti scanning objek, context menu, terminate explorer, dan lainnya. dan settingan bahasa yang ingin diterapkan.





Ini adalah screen shot karantina. Untuk malware/virus yang ter-deteksi, lebih baik di karantina terlebih dahulu. Pada screen shot diatas juga terlihat objek malware yang ditemukan di laptop saya, yang berada pada registry, saya pun meng-karantina nya.

Rekomendasi saya, sebelum meng-karantina objek malware yang ditemukan, alangkah lebih baik jika sebaiknya mem-backup registry kita terlebih dulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah selesai meng-karantina objek yang ditemukan, Mbam akan menyuruh kita untuk merestart komputer.





Kita juga dapat men-scan dengan klik kanan, seperti pada screen shot pada laptop saya diatas, saya meng-aktif kan context menu pada settings.







Itulah software Malwarebytes’ Anti Malware (Mbam), yang menurut saya sangat cocok untuk menambah keamanan security computer kita, terkadang satu antivirus saja tidak cukup, oleh karena itu, tambahkan saja pelengkap security seperti Mbam ini. Dan sama sekali tidak menyebabkan bentrok dengan antivirus yang kita miliki.




Semoga tips, sharing, dan review software ini bermanfaat….


Download: http://www.malwarebytes.org




Thanks to:
Milomen , http://Milomenz.blogspot.com

Reaksi:

5 komentar:

"Malwarebytes' Anti Malware"

Bagus nih kayaknya... gw cobain yaa yudha ;-)

@Andi Wong:

lumayan bro, freeware lagi.... cocok buat tambahan security di komp. mu...

Great post you got here. It would be great to read something more concerning this theme.
BTW look at the design I've made myself London escort

@123 123:
wow...wow... great post..!!