Rabu, 09 Desember 2009

Trim Roof Pada Archicad

Setelah cukup lama saya tidak menulis artikel lagi, baru kali ini saya sempat menulis lagi. Beberapa hari ini saya memang sedang sibuk mempersiapkan tugas saya yang cukup banyak menyita waktu.

Untuk tutorial kali ini, saya ingin memberikan tips singkat bagaimana caranya memotong dinding untuk dimasukkan pada waktu membuat Atap bangunan pada Tools Roof. Caranya cukup mudah saja, sebelumnya kita harus membuat dahulu bentuk atap yang diinginkan. Pada tutorial singkat Archicad kali ini saya menggunakan contoh Atap pelana.
Langsung saja:


Sebelumnya, buat dahulu dan tentukan bentuk atap yang diinginkan pada tools Roof di sebelah kiri toolbar. Setelah itu, dinding pada kedua sisi bangunan dinaikkan, seperti pada gambar diatas.





Hasilnya seperti ini. Gunanya dinding ini dinaikkan adalah untuk menutupi celah kosong ketika membuat bentuk atapnya. Sehingga bentuk dinding nantinya akan mengikuti bentuk Atap.





Setelah itu, select objek pilih kedua Atap , caranya tekan salah satu dulu, lalu tekan SHIFT Seperti pada gambar. Setelah di select objek, Klik Kanan pada Atap tersebut, lalu akan muncul jendela perintah. Pilih Trim to Roof.





Lalu akan muncul jendela perintah Trim to Roof, langsung saja pilih Trim…





Maka, dinding yang tadi di trim, akan mengikuti bentuk Atap.


Ini hasil Render sederhananya:







Semoga tips tutorial singlat ini bermanfaat bagi semua yang mengunjungi Blog saya ini, terutama pengguna Archicad...

Reaksi:

3 komentar:

"Trim Roof Pada Archicad"

masbro gimana caranya klu mau buat atap rumah model rumah gadang yang ujungnya lancip dan agak naik ke atas

mas .. gimana cara tambahin background pemandangan kayak gitu ??
nubi here ..