Minggu, 25 Oktober 2009

Copy Objek Dengan Multiply Pada Archicad

Dalam archicad, kita bisa memperbanyak objek yang kita buat dengan mudah. Pada tips singkat archicad kali ini, saya akan mencoba cara yang sangat mudah untuk memperbanyak objek dengan Multiply.

Keuntungan dari memperbanyak objek dengan multiply ini, agar kita tidak perlu membuat dari awal suatu objek atau objek yang kita dapat dari library. Dengan multiply ini, kita dapat mempersingkat waktu dalam memdesain. Dalam artikel singkat kali ini saya menggunakan archicad 11. Untuk archicad versi terbaru pun dapat dilakukan, karena prinsipnya sama saja.


Berikut cara penggunaan Multiply:


Contohnya, masukkan objek ke layout. Objek bisa didapat di Object pada sebelah kiri menu. Pada gambar diatas, saya menggunakan contoh objek mobil.




Setelah muncul objek, pilih tanda titik di sudut kanan objek. Terserah mau pilih yang mana, sama saja. Lalu setelah di klik tanda titik tersebut, maka akan muncul 6 kotak menu, seperti gambar diatas. Lalu pilih tanda multiply, seperti yang pada gambar, saya tandai dengan tanda panah.





Setelah meng-klik tanda Multiply, maka akan muncul tampilan multiply, seperti pada gambar diatas. Pilih action nya adalah Drag. Lalu pilih increment, lalu masukkan berapa jumjah yang akan kita copy. Lalu klik Ok.





Setelah klik ok, maka akan seperti gambar diatas, lalu pilih dengan cara di geser kearah kanan, lalu lepaskan klik-an mouse.





Maka hasilnya akan seperti ini.




Semoga tutorial archicad yang singkat ini bermanfaat.... terima kasih..

Reaksi:

0 komentar: