Senin, 26 Oktober 2009

Rumah Kos-Kosan

Rumah kos-kosan beberapa tahun belakangan ini sangat populer di daerah kampung saya yang terletak di daerah subang, jawa barat. Seiring banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri disekitar perkampungan warga, maka banya warga yang mendirikan bangunan kos-kosan, yang disana lebih dikenal dengan nama petak. Rumah kos-kosan ini sangat dibutuhkan oleh para pekerja pabrik, yang kebanyakan adalah perempuan.

para pemilik pabrik disana, yang kebanyakan adalah pabrik tekstil lebih diutamakan pekerja perempuan dibanding laki-laki. Secara tidak langsung, keberadaan pabrik-pabrik tersebut membawa keuntungan bagi warga sekitar terutama yang rumahnya berada tidak jauh dari lingkungan pabrik untuk mendirikan bangunan kos-kosan atau juga bangunan yang menyediakan makanan dan minuman untuk para pekerja pabrik yang biasanya pada waktu istirahat mereka akan membeli makanan diluar pabrik.

Untuk itu, orang tua saya pun membangun sebuah kos-kosan yang dengan beberapa kamar. Kos-kosan tersebut dibangun diatas lahan rumah orang tua saya tepatnya di depan rumah dengan luas sekitar 1000m2. Lokasi kos-kosan yang sekarang sudah hampir selesai inipun berada cukup strategis, berada di pinggir jalan yang lalu lintasnya cukup ramai.

Pada bagian depan kos-kosan, tidak akan disewakan, karena untuk digunakan untuk menginap, sehingga yang akan disewakan berjumlah tiga kamar saja. Pada bagian depan, luas kamarnya lebih besar daripada kamar kos-kosan yang disewakan.


Saya mengambil beberapa foto ketika saya kesana:


Ini merupakan tampak depan dari kos-kosan, dengan aksen warna merah pada dinding depan rumah, menjadikan kos-kosan ini menarik perhatian orang yang melintas. Warna cat yang digunakan untuk kos-kosan sengaja tidak menggunakan cat yang mencolok ini untuk member kesan simpel dan open. Antara rumah paling depan dengan kos-kosan di batasi dengan sebuah pagar kecil.




Ini adalah tampak samping dari kos-kosan yang menghadap kearah selatan. Pada waktu siang hari, akan terasa tidak panas. Penggunaan kusen pada pintu dan jendela memakai kayu yang cukup baik, karena untuk menjaga agar tahan lama. Dengan memakai cat pelapis anti rayap seperti Pinoguard memungkinkan kusen terjaga dari serangan rayap. Material rangka pada plafon menggunakan besi kanal C yang dilapisi cat anti karat seperti zinc chromat.





Jalan menuju rumah dan kos-kosan menggunakan material paving block. Kelak didepan kos-kosan itu, pada foto disebelah kiri akan dibangun juga kos-kosan sejenis.
Kos-kosan ini terletak di jalan yang sangat strategis, yaitu di jalan kalijati-Purwadadi





Rumah Aki (kakek) saya terletak di belakang dari kos-kosan tersebut. Rencana nya rumah itu juga akan disewakan.kos-kosan ini pada waktu saya foto ini sebenarnya masih sedang dalam tahap pembangunan, ada beberapa item yang belum dikerjakan seperti pemasangan titik lampu, talang air, juga finishing cat interior.



Begitulah cerita tentang fenomena rumah kos-kosan di kampung saya di Subang-Jawa Barat. Lain waktu saya akan menulis lagi ketika pembangunan kos-kosan ini sudah rampung.

Reaksi:

11 komentar:

Usaha kos2an bisa dijadikan alternatif investasi tuh..

hehehhehehehe...

he..he...semakin banyak jumlah pintu semakin bagus juga pemasukan...

Malah sekarang kost-kosan jadi bisnis yg menggiurkan...

salam sahabat
ehm...bagus ya tempatnya luas kayaknya..asri n pas banget gitu oh iya dah aq follow kalo mau follow buat aq lum??thnxs and good luck

@Rihar Diana:

tempatnya lumayan luas...he..he.. kelak satu hari nanti didepan kosan yang sedang dibangun itu, akan dibangun kosan juga...

boz, kira2 perbulan berapa y?
kami tertarik. boleh minta spek yg jelas?
kirim ke emailq gcomp.nyno@gmail.com
kami pingin rencana pindah ke subang. makanya kita butuh infonya.
thz dulu sblumnya.

aku lagi cari kos kosan nie.... tolong infonya buat alamat lengkap,fasilitas apa aja dan no telfon yang bisa aku hubungi... kirim ke email aku aja in_thant@yahoo.co.id.... thx before

kalo alamat kosan ini dekat dengan jalan otista gk mas ?

bisa minta alamat & no telp kos-kosannya gak mas? kirim ke email poeput84@yahoo.com. ditunggu ya... thnx

Ini kos"an ny dekat dgn stasiun pasir bungur ga gan? Kl dket kira" brp jauh/wkt yg perlu d tempuh?

Balas di email sya gan : dandyerlando1@ymail.com,,di tunggu gan