Rabu, 23 Desember 2009

Selasar Sebagai Objek Arsitektur

Ada yang menarik ketika saya mengunjungi sebuah tempat rekreasi keluarga didaerah Bojonggede Bogor. Tempat tersebut merupakan tempat yang terdiri dari beberapa fungsi yang kemuadian dijadikan satu. Tempat tersebut dinamakan Clubhouse.

Di clubhouse tersebut terdapat sarana olahraga seperti kolam renang, volley ball, lapangan tenis, lapangan basket, dan volley pantai. Tak hanya itu saja, pada bagian terpisah dari bangunan tersebut terdapat tempat untuk kegiatan serbaguna, hal ini memang menjadi ciri dari Clubhouse itu sendiri. Untuk pengunjung yang membawa anak-anak, disediakan arena bermain dengan fasilitas permainan yang cukup lengkap.



Pada clubhouse tersebut, ada satu bagian dari bangunan tersebut yang menyita perhatian saya, yaitu selasar. Selasar ini menghubungkan 4 tempat dengan fungsi kegiatan yang berbeda, yaitu tempat dari bangunan utama, kolam renang, arena bermain anak, dan tempat olahraga.





Bentuk selasar tersebut seolah-olah mengajak kita untuk mengenal lebih jauh objek rekreasi yang ada pada Clubhouse tersebut, hal ini dilihat dari penggunaan material dan fasade yang simpel, tak banyak ornamen namun mengena, tiang-tiang kolom selasar yang sejajar seolah membimbing kita untuk mengikuti arah kolom-kolom selasar tersebut.

Pada selasar tersebut dimulai dari bangunan utama dengan size lebar selasar yang lebih besar, lalu mulai pada bagian kolam renang, lebar selasar mengecil hingga ke tempat sarana olahraga.






Yang membuat saya merasa nyaman adalah disebelah kiri dari selasar tersebut terdapat area penghijauan yang ditanami berbagai macam tanaman dan arena bermain anak-anak. Dan pada siang hari, selasar ini sangat bermanfaat untuk melindungi dari sengatan matahari ketika ingin beranjak dari tempat rekreasi yang lain disekitarnya.

Pada malam hari selasar tersebut juga menampakkan permainan light cahaya lampu yang dipasang disepanjang selasar tersebut, seperti terlihat pada foto diatas, penempatan box-box lampu yang terbuat dari material kayu, menjadikan selasar tersebut tampak anggun pada sore dan malam hari..






Foto-foto:
-Koleksi pribadi

Reaksi:

0 komentar: