Selasa, 10 November 2009

Fasad Aksen Warna Memancing Minat Beli

Beberapa hari yang lalu saya membaca majalah IDEA, yaitu majalah tentang ide kreatif seputar rumah. Saya memang berlangganan majalah IDEA ini setiap bulannya. Ada yang menarik dalam salah satu artikelnya yaitu mengenai Fasad Aksen Warna Memancing Minat Beli. Berikut Artikelnya, DISERTAI DENGAN CONTOH KASUS OBJEK SAYA SENDIRI.


Fasad memegang peranan penting dalam menampilkan figur bangunan. Ia menjadi image untuk penjualan rumah. Fasad yang memiliki daya tarik bisa memancing minat beli masyarakat, selain faktor lokasi dan harga.



Maka tak heran jika para pengembang mempercantik tampilan fasad dengan bentuk yang menarik dan permainan warna yang menggoda. Bentuk atap yang umumnya pelana kuda dengan penutup pipih dikombinasikan dengan bidang dinding yang diberi garis dekorasi cantik. Dekorasi itu bisa berupa garis-garis vertical atau horizontal pada dinding, permainan material ekspos, bentuk bukaan, kolom, dan kanopi, juga warna.


Warna disini berupa warna aksen atau warna kontras. Aplikasinya hanya pada sebagian kecil dinding, tapi disisi yang terlihat jelas. Beberapa pengembang juga menampilkan rumah dengan permainan lebih dari dua warna. Warna-warna itu dipadankan pada wajah fasad, sehingga tercipta tampilan yang semakin memikat.


Contoh fasad yang menarik bisa dilihat pada rumah contoh di perumahan serpong terrace, tangerang. Fasad tipe rosemary, salah satunya memiliki bentuk atap kombinasi pelana dan sandar. Dindingnya dilabur putih dan abu-abu. Kusen jendela dan pintu pun putih. Daya tariknya adalah aksen warna ungu yang segar pada dinding bergaris-garis horizontal.




Hampir mirip dengan fasad tipe rosemary, tapi atapnya miring yang dilengkapi kanopi. Ini fasad tipe savory diperumahan yang sama. Beda lainnya adalah aksen warna kuning.


Kedua tipe rumah itu memiliki taman kecil berumput dibagian depan, dengan tanaman pengisi jenis perdu yang hijau segar. Disisi lain taman dibuat carport, yang ditutup cor beton.




Pada rumah kos-kosan yang saya desain sendiri juga menonjolkan fasad dengan aksen warna merah geranium, dengan salah satu alasan menarik orang untuk melihat bangunan kos-kosan, dengan warna merah yang berarti meng-intimidasi. Terlebih letak bangunan ini berada di depan jalan besar yang lalu lintasnya cukup ramai. Saya juga memperhatikan orang yang sedang naik kendaraan, misalnya motor, ketika melintas pandangan meraka tertuju melihat bangunan kos-kosan ini.




Pada bangunan rumah saudara saya, juga tampak depan terlihat adanya fasad menggunakan besi yang dilapis cat hitam dof dan warna merah geranium. dengan fasad dan aksen warna merah hitam tersebut, rumah saudara saya tampak beda diantara rumah disekitarnya, yang saya lakukan hanya mengganti tampak depan dengan fasad dari besi canal C. untuk pembahasan mengenai rumah ini, yang jg merupakan Project pertama saya, dilain waktu saya akan membahasnya.


Saya juga sering ke daerah tambun, bekasi , orang tua saya mempunyai rumah disana, saya melihat beberapa rumah real estate disana juga menerapkan fasad dengan aksen warna yang memikat, tentu ini merupakan strategi dari para pengembang untuk menarik para pembeli.





Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang mengunjungi blog sederhana saya ini,





Referensi & Thanks to:
Majalah IDEA Edisi 70/VI/2009 http://www.ideaonline.co.id


Foto-foto:
-IDEA
-Foto Pribadi

Reaksi:

6 komentar:

"Fasad Aksen Warna Memancing Minat Beli"

btw sob.. bagus jg tuh rumah.. kapan ya gw punya rumah sendiri.. HaLaaah ngarep mode on.. wkwkwkwkwk ..eh komeng balik yaa ;-)

yud..
besok klo aku buat rumah, minta desain rumah gratis ya...

tengkyu sebelumnya

@Andi Wong:
he..he... mudah2an sob, aku doain deh...

@vmancer:
he..he.. boleh2, barangkali aku bisa ngasih ide denah ataupun bentuk fasad atau jg warna eksterior... thanks komennya....

hallo yud, bisa ga ngasih ide u tanah uk 5.5m x 16.5m, tapi lebar belakangnya 7.6m, jadi kaya kerucut, thanks ya