Bulan Jadi Blog

Tak terasa tepat bulan November ini genap setahun saya membuat sebuah blog sederhana ini. Saya lupa hari pastinya, tapi yang pasti bulan ini tepatnya. Awal mula saya membuat blog ini adalah keingin tahuan mengenai apa itu blog? Setelah saya membaca sana-sini, browsing, baca buku referensi mengenai blog, saya akhirnya membuat blog. Tentu saja, dengan harapan apa yang saya tuangkan, apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi saya sendiri maupun bagi orang lain yang kebetulan mengunjungi blog saya ini.


Pertama kali membuat blog, saya merasa bingung, tak tahu harus mulai darimana, akhirnya saya mencoba membeli sebuah buku di sebuah pusat toko buku terbesar dijakarta. Lalu saya pun mempraktekkan apa yang ada dalam buku referensi membuat blog tersebut. Akhirnya setelah beberapa kali meng-edit sana-sini, jadi juga blog saya ini, sangat sderhana sekali, dengan theme yang standar. Tak hanya dari buku, saya juga mencoba browsing, diantaranya bagaimana caranya membuat blog yang baik, cara menaikkan ranking blog, meng-edit theme,. Saya juga bertanya kepada teman saya yang sudah membuat blog…. Akhirnya blog saya jadi yang seperti ini, dengan thema yang bagi saya sangat sederhana.



Pada awal-awal membuat blog, tak pernah sedikitpun saya berpikir untuk bagaimana supaya blog saya ini menjadi terkenal, atau bagaimana caranya supaya blog saya ini menarik banyak orang untuk berkunjung. Yang ada di benak saya saat itu, hanya ingin membuat blog…itu saja. Dan saya ingin membuat suatu tutorial mengenai software archicad yang siapa tahu dapat berguna dan menambah wawasan bagi blogger lain yang mengunjungi blog saya ini. Saat ini saja, ketika tulisan ini saya buat, ranking alexa saya di kisaran 1,6 juta, pageranknya 1, dan link in nya 6. Padahal saya telah membuat blog ini sampai berusia 1 tahun.


Sampai saat ini, isi dari blog saya ini bermacam-macam, seperti tips-trik archicad, review software, tips-trik security computer, dan curhat. Dalam beberapa kesempatan, saya memasukkan artikel dari blog lain, yang sebelumnya saya meminta ijin dulu kepada penulis aslinya. Untuk criteria artikel dari blog lain yang saya masukkan adalah yang saya anggap menarik, unik,bermanfaat, dan sangat berguna bagi semua.


Ada satu hal yang menjadi ciri khas dari blog saya ini adalah cara penyampaian suatu objek, masalah, review, saya selalu banyak menampilkan gambar-gambar atau foto-foto lengkap dengan penjelasan di bawahnya. Hal ini dimaksudkan agar blogger atau pembaca yang mengunjungi blog saya ini dapat dengan jelas membaca apa yang saya posting, juga dengan lebih banyaknya gambar atau foto pada suatu artikel, maka suatu artikel seperti lebih hidup dan mengandung arti.


Seperti pada tips-trik archicad, saya membuat artikel dengan cara yang saya bisa sendiri, dan apa yang saya tulis adalah hasil kreasi saya sendiri tanpa meng-copy paste atau menjiplak dari blog atau web lain. Pada artikel archicad ini, saya menampilkan cara-cara yang sederhana lengkap dengan gambar-gambar secara step by step, dengan harapan dapat dimengerti dan dapat dipahami. Karena bagaimanapun juga, dengan objek visual akan lebih dimengerti.




Lalu pada review software , tips-trik computer, dan curhatan saya,…. Saya juga menampilkan dengan tambahan visual gambar atau foro-foto. pada review software, saya mencoba untuk menuliskan segala fitur atau keunggulan atau juga kelebihan dari software yang saya review. Dan beberapa diantaranya software tersebut sudah saya pergunakan, jadi saya benar-benar tahu apa keunggulan dan kelemahan dari software yang saya review.. begitu juga untuk tips computer dan curhatan saya seputar sesuatu yang saya anggap menarik.




Untuk itu, saya berharap, apa yang saya berikan dapat bermanfaat bagi saya sendiri maupun orang lain… walaupun saya masih newbie, mudah-mudahan apa yang saya posting bisa membantu atau memberi inspirasi bagi yang mengunjungi blog saya ini...

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua yang telah membantu saya membuat blog sederhana ini.

Post a Comment

0 Comments