Selasa, 01 September 2009

MORPHOST, ANTIVIRUS LOKAL

Dari sekian banyak antivirus lokal yang ada di Indonesia, Morphost antivirus adalah salah satunya. Morphost merupakan produksi dari MorphostLab , yaitu antivirus lokal freeware yang cukup ampuh mengatasi virus-virus lokal maupun virus-virus asing yang banyak beredar di Indonesia. Saat tulisan ini dibuat, Morphost sudah pada versi ke 6, yang diberi nama Morphost Accords. Banyak alasan mengapa menggunakan Morphost ini, salah satunya adalah saya. Saya sudah cukup lama menggunakan Morphost ini.

Bagi saya, Morphost ini cukup ampuh mengatasi virus lokal maupun luar yang beredar di Indonesia, selain itu, kecepatan scanningnya lumayan cepat, dan juga dalam Morphost antivirus ini terdapat bermacam-macam tools, yang sangat berguna apabila computer kita sudah terjangkit virus. Dan tak lupa, saya juga merupakan salah satu dari Morphostlab Team Antivirus pada Virus Captor.

Morphost Antivirus versi keenam ini diselesaikan dalam waktu 4 bulan. Tentunya dengan banyak halangan saat pembuatan. Dan baru diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2009


Berikut beberapa Screen shot tampilan dari Morphost antivirus:

Screen shot Tampilan utama Morphost Accords. Di bagian ini akan tampak mesin scanning Morphost. Untuk memulai scanning juga dimulai dari sini. Kita bisa memilih direktori atau drive yang akan di Scanning.



Screen shot tampilan Bengkel registry, merupakan fitur untuk memperbaiki settingan-settingan registry yang sudah dirubah oleh virus.



Screen shot tampilan Darurat , didalamnya terdapat fitur pemanggilan secara paksa terhadap file penting dari windows, yaitu task manager dan registry editor. yang sangat berguna apabila salah satu diantaranya di disable (di non aktifkan ) , juga beberapa fitur lainnya.



Screen shot tampilan Database, disini terdapat daftar-daftar virus yang sudah dikenali oleh Morphost beserta keterangan up to date nya, dan juga tempat untuk mengupdate database Morphost terbaru.


Jumlah virus yang sudah dikenal dalam database Morphost pada saat tulisan ini dimuat adalah 1020 virus. Dan dengan metode metode Heuristicnya, Morphost juga dapat mengenali varian-varian baru dari virus yang belum ada dalam Database, sehingga Morphost dapat mengenali lebih banyak lagi virus-virus yang banyak menyebar di Indonesia.

Pada Morphost Antivirus versi kali ini, ada penambahan fitur-fitur baru, pembaharuan inti pendeteksian, pembaharuan ulang susunan database, pemerbaikan pada metode heuristic.

Pendeteksian Morphost Antivirus dilakukan pada:
-Virus Executable
-Virus Macro dan Virus Script
-Semua file yang terinfeksi
-Semua file pemicu / pengeksekusi virus
-Semua file pendukung / component virus

Pendeteksian dilakukan dengan:
-Perbandingan nilai checksum virus dengan checksum yang ada di database.
-Perbandingan string-string sensitif yang dimiliki virus dengan string yang tersimpan di dalam database

Metode Heuristik:
-Perbandingan checksum icon
-pemeriksaan string yang lebih mendalam
-Perbandingan atribut virus
-perbandingan tingkah laku virus.

Salah satu cara untuk mendukung Antivirus Morphost adalah dengan mengirimkan upload sampel virus-virus yang sama sekali tidak bisa dideteksi oleh Morphost.
Pengiriman sampel lewat upload ke alamat

http://morphic.4shared.com
Untuk mendownload Antivirus Morphost di

http://morphic.4shared.com


Informasi lebih lanjut mengenai Antivirus Morphost ini bisa didapat dari:
Blog: http://www.morphostlab.co.nr
Email: karta_morphic@yahoo.co.id




Thanks to:
-Morphic (pembuat Antivirus Morphost)
-MorphostLab team Antivirus
-Warnet 99 Kemayoran




Posting
By: yudha

Reaksi:

0 komentar: