Jumat, 10 Juli 2009

MEMBUAT LAMPU PADA CEILING/LANGIT-LANGIT DENGAN ARCHICAD 11

Membuat lampu pada ceiling/langit-langit dalam archicad cukup mudah, dalam artikel ini saya menggunakan archicad Versi 11, tapi secara garis besar, langkah-langkahnya sama dengan versi-versi sebelumnya atau yang terbaru. Dalam menulis tips ini sengaja saya menggunakan gambar yang cukup banyak yang berurutan. Karena bagaimana
Pun juga visual dengan menyertakan gambar akan lebih dimengerti. Pernah saya mencari dengan google Tentang tips-tips tutorial archicad, saya menemukan beberapa yang hanya sedikit menyertakan gambar visual Layout nya. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya, ataupun yang dengan Sengaja mencari lewat bantuan google....



Langkah pertama, membuat ceiling dengan slab, tentukan sendiri ukurannya, tebalnya. Dalam objek ceiling Yang saya buat dalam gambar, saya menggunakan ceiling dengan ketebalan 30 cm.



Setelah itu, buatlah sebuah titik lampu yang nantinya akan di lubangi untuk memasang lampu. Caranya Dengan memilih Arc/Circle pada toolbar sebelah kiri. Lalu klik pada ceiling yang akan di taruh lampu. Lalu berikan ukuran radius/distance, misalkan ukuran standar nya 7 cm.




Setelah selesai memberi ukuran, lalu lubangi ceiling dengan magicwand, dengan cara pertama harus memilih Objek slab terlebih dahulu pada toolbar sebelah kiri, lalu pilih magicwand pada bagian Design di toolbar atas. Bisa juga dengan cara menekan tombol Space Bar pada keyboard, maka akan muncul lambang magicwand. Terlihat pada gambar, ceiling yang sudah dilubangi dengan magicwand.




Setelah dilubangi, apabila kita mau memperbanyak, bisa menggunakan multiply dengan menekan ctrl + U Pada keyboard lalu pilih pada bagian increment, tentukan jumlah yang akan diperbanyak, misalnya dua (2) Seperti pada gambar, lalu ok.




Hasilnya akan seperti ini jika sudah diperbanyak. Ini sebenarnya tergantung kebutuhan kita. Lalu Apabila kita mau melihat ceiling yang telah dilubangi, dapat menggunakan tools Marquee sperti Pada gambar diatas, arahkan pada tengah-tengah ceiling yang dilubangi.




Setelah di Marquee, tekan F5 supaya terlihat layout 3Dimensi nya. Pada gambar telihat ceiling yang dudah di lubangi




Setelah itu, barulah menambahkan objek Lampu pada ceiling yang sudah dilubangi itu, pilih objek Lamp pada toolbar sebelah kiri, lalu pilih Halogen Recessed. Untuk ukuran, Bisa juga men-setting ukuran tinggi rendah Objek lamp tersebut.




Setelah meilih objek lamp yang terpilih, lalu letakkan pada ceiling yang sudah dilubangi tersebut, dengan Menaruhnya tepat ditengah-tengah nya, seperti pada gambar.




Untuk menaruh objek lamp dengan tepat, ada baiknya dengan me-Marquee dahulu seperti
Yang tadi sudah dibahas, seperti pada gambar, arahkan objek lamp ke dalam ceiling yang dilubangi, Dengan ditarik ke atas sampai terdapat tanda √ . dengan tanda tersebut berarti sudah pas Posisinya.




Terlihat pada gambar, ceiling yang sudah dipasangi lampu.




Untuk lebih jelas melihat potongan ceiling lengkap dengan lampunya, kita bisa
Me-Marquee nya..seperti pada gambar..



Semoga bermanfaat bagi semua… pesan saya… kunjungi selalu blog ini ok….. asyik kan
Sambil membaca, mendengarkan lagu yang saya taruh di blog ini…he…he…he..
Hatur nuhun sadaya na…. terima kasih semuanya…..




original posting
By: yudha

Reaksi:

0 komentar: