Jumat, 27 Februari 2009

Anti Malware Gratis, a squared free

Anti Malware Gratis, a squared free

Satu lagi, software anti malware untuk Komputer PC dan Notebook yang bersifat freeware alias gratis. A squared Free merupakan software anti malware dari Emsi Software GmbH Austria - www.emsisoft.com. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan software ini, hasilnya cukup baik mendeteksi dan menghilangkan spyware, apalagi kalau komputer kita sering online. Antivirus saja tidak cukup, apalagi menggunakan antivirus yang tidak mempunyai fitur antispyware. Kebetulan saya menggunakan avast! yang mempunyai fitur antispyware yang cukup baik, tapi untuk lebih meyakinkan terhindar dari bahaya malware dari belantara internet, menurut saya tools antispyware seperti a squared ini perlu.

A squared free cukup baik untuk mendeteksi berbagai macam malware atau malicious software seperti Trojans, Worms, Viruses, Dialers, Spyware/Adware, Tracking Cookies dan Spyware Traces. Emsi Software mengeluarkan beberapa macam produk security, seperti a squared free, a squared anti malware, a squared mamutu, dan a squared hijack free. Software freeware yang ditawarkan oleh Emsi Software adalah a squared free dan a squared hijack free..

Ada kekurangan yang dimiliki oleh a squared free ini, yaitu tidak adanya fitur real time protector, dikarenakan a squared free ini adalah versi gratis. Apabila menginginkan fitur yang lebih lengkap, bisa menggunakan a squared anti malware. untuk real time protector, bisa mengandalkan antivirus yang dimiliki. Lebih baik jika mempunyai antivirus yang mempunyai fitur antispyware.

Saat tulisan ini dimuat, database signature malware yang dapat dideteksi oleh a squared free berjumlah 2.781.569 , cukup besar jika dibandingkan dengan software antispyware sejenis. Versi yang terakhir adalah versi 4.0



Screen shot tampilan a squared free



Menu Scan yang terdiri dari Quick scan, smart scan, deep scan, dan custom scan.



Screen shot Tampilan Configurasi setting a squared free.
Setting default nya sudah cukup baik untuk digunakan, kita tak perlu men-set nya lagi.



Screen shot tampilan ketika mendeteksi Malware dari Flash disk saya. Sebelumnya saya tidak men-scannya terlebih dahulu dengan avast.
Kita dapat mengetahui nama Malware apa yang terdeteksi oleh a squared secara details, dan dapat mengetahui Level kerusakan dari malware tersebut, low risk, medium risk dan high risk.


A aquared free menggunakan teknologi 2 engine scanning yaitu engine nya sendiri dan engine dari Ikarus Software GmbH, pengembang dari Ikarus Antivirus. Konsekuensi perpaduan dari 2 engine ini adalah lamanya scanning, tapi cukup baik, karena kadangkala ada saja virus atau spyware yang lolos dari heuristic antivirus yang kita miliki. Oleh karena itu, tak apalah menunggu sembari mendengarkan winamp lagu kesayangan kita


Opsi scan manual a squared free bersamaan dengan menu scanning antivirus yang kita miliki, dengan klik kanan mouse, lalu memulai scanning.
Terlebih dahulu tekan shift sebelum memasukkan USB flash disk untuk mencegah terjadinya autorun.


Keunggulan:
1.4 metode scan yang dapat kita pilih
2.Double engine dengan Ikarus antivirus
3.Scan dengan metode Heuristic
4.Database malware yang besar
5.100% Freeware alias Gratis
6.Layanan mengirim sample Malware

Kelemahan :
1.Tidak adanya Real time protection
2.Update Database signature malware harus online
3.Lamanya proses scanning




Semoga bermanfaat dengan berbagi untuk semua..




original posting
BY:Yudha-arch.blogspot.com

Reaksi:

4 komentar:

bos link saya dipasang kemana bos ??
http://getsm0ney.blogspot.com/