This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Minggu, 30 November 2008

Apresiasi Arsitektur dengan software Google Earth

Artikel ini ditujukan untuk mendukung eksistensi Google Earth, dalam dunia arsitektur, untuk memperdalam pengetahuan dan apresiasi terhadap berbagai obyek arsitektural di seluruh dunia, memperkenalkan dan memperdalam pengenalan terhadap software ini agar dapat digunakan dalam dunia akademis dan kepentingan arsitektur, seperti pencarian data lapangan, pengenalan site sebelum merancang sebuah bangunan, dan sebagainya.

Google Earth, adalah sebuah software yang dibuat oleh tim Google, yang dapat membantu kita mengunjungi berbagai tempat di bumi secara virtual dengan komputer. Tampaknya, era satelit telah merambah internet lebih jauh dan memungkinkan kita mengakses database dari gambar satelit untuk melihat semua tempat di seluruh dunia. Tampaknya belum ada software yang dibagi gratis dan sesempurna google earth untuk tujuan melihat obyek-obyek arsitektur.




Informasi tentang blok bangunan, detail bangunan, lahan dengan berbagai kompleksitasnya dapat digunakan sebagai media mempelajari arsitektur.

Untuk berbagai kepentingan, Google Earth dapat digunakan sebagai cara untuk 'mengenal' sebuah tempat. Dengan software ini, kita bisa melihat berbagai obyek mulai dari restoran, tempat tinggal kita, hotel dan sebagainya, serta memiliki berbagai fasilitas navigasi yang mudah dijalankan [ref 1]. Karena tampil dengan memperlihatkan lokasi dan bangunan dari atas, maupun dengan model tiga dimensi, kita bisa memperkirakan, menganalisa dan mengenal sebuah tempat secara maya meskipun tidak berada dalam dunia nyatanya, karena itu google earth dapat membantu seseorang mengenal sebuah tempat dan membantunya dalam menjelajahi tempat tersebut didunia nyatanya. [ref. 4]

Misalnya, untuk melihat dan mengenal sebuah kota, kita hanya perlu menuliskan nama kota tersebut dan Google Earth akan 'menerbangkan' kita ke kota tersebut. Nama bangunan yang spesifik seperti 'Taj Mahal' dapat pula dituliskan dan dengan mudah ditemukan.


Melihat dari dekat detail bangunan candi Brihadeeswara, India

Sebagai software yang dapat digunakan untuk mempelajari tempat dengan mudah karena membawa berbagai obyek bangunan dalam cara yang lebih nyata [ref. 3], Google Earth dapat digunakan untuk membantu studi dalam bidang arsitektur dengan cukup komprehensif, karena arsitektur selalu berhubungan dengan tempat dan bangunan-bangunan, serta mempertinggi kesadaran akan ruang karena keluar dari teksbook dan membebaskan imajinasi pengamat secara lebih luas dan bebas.

Dalam situs earth.google.com dapat ditemukan berbagai bangunan dalam tiga dimensi untuk didownload. Untuk mengetahui, merasakan ruang, atau memperhatikan bangunan secara tiga dimensi dalam tapaknya, dari karya-karya Frank Lloyd Wright misalnya, kita dapat mencari melalui http://sketchup.google.com/3dwarehouse/ dimana kita dapat pula mencari dengan keyword tertentu, seperti 'Frank Lloyd Wright' untuk dapat mendownload bangunan dan ditempatkan dalam lahan aslinya di Google Earth. Tentunya setelah obyek tiga dimensi arsitektural ini kita peroleh, baik dalam bentuk file tiga dimensi dalam Google Earth atau Google Sketchup, kita dapat merasakan dan menikmati bangunan layaknya berada di tempat tersebut, meskipun dengan berbagai keterbatasan, antara lain terdapat model yang kurang kompleks, atau lahan yang kurang detail.



Bangunan karya Frank Lloyd Wright, Price Tower, dalam letak site aslinya di Google Earth, dimana kita bisa melihat hubungan antara bangunan eksisting dengan lahan dan lingkungannya.

http://www.geocities.com/designastudio5/robie_house_google.jpg
Salah satu bangunan karya Frank Lloyd Wright, yaitu Robie House, adalah salah satu bangunan tiga dimensi yang sangat komprehensif dan dapat membantu kita mengenal lebih dekat bangunan ini, dengan melihatnya dari berbagai sisi, atas dan samping.

Dalam Google Earth, berbagai kota didunia dapat didownload, seperti Amerika Serikat, India, Jerman, Belanda, Jepang dan sebagainya [ref.1]. Dengan integrasi dengan Wikipedia (sebuah ensiklopedia internet yang cukup lengkap) dan Panoramio (untuk melihat berbagai foto yang diupload banyak orang tentang suatu tempat), tampaknya memahami sebuah tempat dan obyek arsitektural menjadi sangat mudah.

Secara garis besar, Google Earth dapat digunakan untuk mendukung dunia arsitektur dalam hal berikut;

1. Memberikan informasi interaktif berupa data geospasial menyangkut kondisi geologis dari suatu tempat, sehingga dapat membantu arsitek dalam merencanakan desain sebuah bangunan atau kompleks lingkungan binaan, memberikan bantuan pemahaman akan site atau lahan.
2. Mengenal berbagai obyek arsitektural seperti bangunan-bangunan terkenal dunia, karya arsitek dunia, serta tempat-tempat bersejarah atau monumental baik dalam bentuk 3D, foto-foto ataupun lokasi.
3.Mengenal berbagai aspek dalam lingkungan sebuah bangunan yang diminati, seperti foto-foto bangunan, komentar tentang bangunan, penjelasan lebih lengkap dari wikipedia, lingkungan sekitarnya.


Referensi :
http://astudioarchitect.com

Sabtu, 29 November 2008

TENTANG ESTETIKA DALAM ARSITEKTUR

Mengapa membicarakan estetika? Tentu saja cukup penting agar estetika bangunan lebih mudah dipahami dengan suatu alat, karena biasanya estetika berbeda bagi setiap orang. Sama seperti sebuah bahasa, bila tidak ada bahasa, maka pengetahuan tidak tertularkan. Dalam arsitektur, estetika adalah sebuah bahasa visual, yang tidak sama dengan beberapa bahasa estetika yang tidak visual, seperti bahasa itu sendiri. Estetika dalam arsitektur memiliki banyak sangkut paut dengan segala yang visual seperti permukaan, volume, massa, elemen garis, dan sebagainya, termasuk berbagai order harmoni, seperti komposisi.Estetika yang berbeda dicari untuk mendapatkan pengalaman estetis lain, misalnya turis luar negeri datang ke Bali.

Estetika meskipun berkaitan dengan 'rasa' saat melihat bangunan juga dapat dibangun melalui aplikasi teori arsitektur. Inilah mengapa estetika patut dibahasakan dan dibahas dalam alat yang bernama komunikasi. Estetika dapat dimengerti dan dikembangkan melalui pemahaman berbagai hal menyangkut teori estetika, menjadi dasar bagi banyak cabang seni. Namun melihat berbagai dimensi yang mempengaruhi bagaimana seorang manusia mengapresiasi keindahan, estetika hanyalah sebuah media untuk mencoba menjelaskan apa yang disebut indah, namun tidak pernah bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dalam benak seseorang berkaitan dengan sensasi keindahan. Dalam teori tentang estetika, dicoba dijelaskan berbagai sisi yang 'tersentuh' oleh keindahan sebuah obyek. Jadi, apa yang indah bagi saya belum tentu indah bagi Anda.

Mengapa preferensi berbeda? Apakah melulu hanya sebuah perbedaan genetika atau faktor psikologis? Sebuah bangunan bisa jadi menarik bagi seseorang, namun tidak untuk yang lain. Determinasi estetika dalam pikiran tidak melulu ditumbuhkan melalui faktor-faktor eksternal yang hadir dari luar seorang subyek, namun juga hadir dari perangkat pengenalan dalam dirinya. Karenanya arsitektur tidak selalu cukup hanya dipelajari melalui ilmu estetika yang dangkal dan obyektif semata, perlu pendekatan subyektif untuk mengetahui sebuah preferensi.

Karenanya, arsitek yang berhasil dengan sebuah obyek arsitektural biasanya berhasil dengan mengetahui lebih jauh tentang sisi subyektif klien, misalnya dengan proses berbincang-bincang dengan seorang klien. Ini menjadi arsitektur yang didasarkan pada intuisi saat mendesain, selain bisa juga merupakan wadah kreativitas dari implementasi teori estetika. Keindahan memang subyektif, dalam diri setiap orang, pendapat tentang nilai estetika sebuah bangunan dipengaruhi oleh berbagai hal, antara lain;

1. subyektifitas diri sendiri. Sensasi hanya dimungkinkan bila fungsi biologis tubuh kita yang berkaitan dengan fungsi sensasi dan persepsi dalam keadaan normal; misalnya mata bisa melihat, hidung bisa mencium, pikiran dalam keadaan normal/perseptif. Mampukah suatu obyek menggairahkan 'limbic' dalam otak kita sehingga merasa adanya kenikmatan saat berkontak dengan sebuah obyek arsitektural. Kenikmatan yang didapatkan itu menjadikan otak kita mengatakan sesuatu itu 'indah'.

2.pengaruh dari lingkungan/masyarakat tentang apa yang disebut indah. Antara lain:

3.pendidikan; apa yang ditanamkan dunia edukasi tentang keindahan, mungkin merupakan suatu pandangan yang ditekankan terus-menerus dan boleh jadi mengakar pada diri kita, serta metode untuk mengapresiasi suatu obyek juga merupakan suatu metode yang ditekankan secara terus-menerus.

4.opini yang berkembang di masyarakat. Kebanyakan melalui media, estetika diperkenalkan sebagai konsensus dalam skala tertentu, apakah regional, kolonial, dan disebarluaskan dengan berbagai cara. Terkadang estetika yang diperkenalkan dimaksudkan untuk mendukung sebuah industri terkait tren arsitektur, seperti industri perumahan. Estetika yang merupakan ideal suatu teritorial berbasis tradisi juga dapat memberi pengaruh teramat besar.

5.pilihan yang diberikan oleh situasi, hanya pilihan yang memungkinkan akan dipilih digunakan dalam rancangan


by Probo Hindarto
© Copyright 2008 astudio Indonesia. All rights reserved.
http://astudioarchitect.com/2008/09/tentang-estetika-dalam-arsitektur.html

Jumat, 28 November 2008

MASIH NEWBIE

Seringkali kita mengeluh ketika sedang menggunakan Komputer, lalu tiba-tiba bertanya, kok komputer saya jadi lambat? kok folder data saya hilang? kok jadi ada file aneh, padahal saya ngga pernah copy atau download? kok jadi sering timbul pesan error atau aneh?... yah!! komputer saya kena virus deh.. cape dehh..

Saya juga pernah mengalami kejadian seperti ini, memang menjengkelkan!, saya punya pengalaman, yah walaupun sebenarnya malu juga sih buat menceritakan di Blog ini, yah tapi buat tuker pengalaman aja ya kan? it's ok, lanjut... ketika itu data-data kuliah saya hancur, hilang karena terkena virus Brontok dan virus Redlof yang pada waktu itu lagi booming-booming nya virus tersebut merajalela di indonesia. Waktu itu saya pakai Norton 2003 OEM. Maklumlah seperti orang awam pada umumnya, kalau sudah punya antivirus ya sudah, ya pasti aman dong coyy...pikir saya waktu itu.

Tapi woww!! Setiap saya menjalankan komputer, pesan indah berwarna hijau dari pembuat virus Brontok selalu menampakkan dirinya setiap kali saya berada di depan muka komputer. Tapi Norton saya tak bisa berkutik, tak bisa meng-clean, tak bisa meng-quarantine, tak bisa men-delete! Ya sudah, hari demi hari berlanjut, cuek saja walaupun komputer ku terasa lambat sekali. dan juga di setiap folder terdapat icon folder htt, yang ternyata itu akibat dari virus Redlof. Memang itulah yang saya alami bila tidak pernah meng-update Antivirus.

Ya sudah, saya kehabisan akal, harap maklum waktu itu pengetahuan saya tentang dunia per komputeran minus, apalagi tentang dunia per-virusan, tapi saat ini pun saya masih Newbie, masih banyak harus belajar, terutama dari pengalaman. lanjutt!!,saya langsung bawah saja komputer saya ini ke Harco Mangga Dua untuk di servis, dan saya langsung minta di install ulang saja tanpa pikir panjang lagi, yang ternyata komputer saya tidak di partisi, dan bisa di tebak data saya hilang..

Itulah kisah buram komputer kesayangan saya yang terjadi pada tahun antara 2005 dan 2006...

Antivirus yang pernah hinggap di komputerku :
1. Trend Micro PCCillin 2002
2. Norton Antivirus 2003
3. AVG Free 7.5 & 8.0
4. Avast Home 4.7 & 4.8
5. BitDefender Free Edition
6. Avira Antivir Personal 7 & 8 (sampai hari ini)

Kenapa saya banyak menggunakan Antivirus Freeware alias Gratis alias cuma-cuma alias Gretong?
Itu karena saya gak mau ambil pusing, lalu Antivirus berbayar masih terlalu mahal, lalu Antivirus gratis rata-rata bisa update offline alias online nya di warnet saja dengan men-download folder database signature virus-nya. Memang sih di balik itu semua terdapat berbagai feature yang tidak terdapat di sebuah Antivirus gratisan, dan saya tahu itu, seperti Kaspersky yang banyak orang bilang Antivirus nomor wahid di dunia.

Sekarang saya menggunakan Avira Antivir Pesonal, menurut saya Avira ini friendly sekali..! engine heuristicnya ampuh banget, kita dapat mengatur setting-an engine heuristicnya low, medium, dan high. Avira ini juga bagus mendeteksi virus luar maupun virus lokal, tak kurang 400 varian Brontok sudah ada di database signature nya. Resourches memorinya juga cukup kecil dan tidak membuat komputer kita jadi lambat. (kalau ada yang mau menambahkan, silahkan, hanya itu yang saya alami)

Fitus Avira Antivir Personal 8 :
1. Protection from virus, worms and trojans
2. AntiDialer protection against expensive dialers
3. AntiRootkit proctection from hidden rootkits
4. Faster scanning up to 20% faster
5. New User Interface
6. AntiPhising protection from phising

untuk lebih jelasnya, coba lihat Links ini :
http://www.free-av.com/en/products/2/avira_antivir_premium.html

Untuk proteksi komputer PC dan Laptop saya juga menggunakan Antispyware. Karena Avira Personal tidak mempunyai fitur Antispyware.
Program Antispyware yang saya gunakan Freeware juga. diantaranya :

1. SUPERAntispyware (http://www.superantispyware.com)
2. Spyware Terminator (http://www.spywareterminator.com.com)

Untuk mendukung pencegahan dari virus lokal saya juga menggunakan beberapa tools yang bersifat portable tanpa harus di install, diantaranya :

1. Ansav
2. PCMAV
3. SmadAV
4. Morphost

untuk melihat Link Antivirus lokal, sudah saya post kan di bagian kanan komputer..





original posting
by : yudha

KAMPUNG CIHUNI

Kecintaanku pada alam pedesaan adalah berawal ketika aku kecil selalu diajak olah orang tua ku kekampung halamannya didaerah priangan subang, jawa barat. Kebetulan keduanya masih satu kabupaten, hanya beda kecamatan saja. Hingga saat ini pun aku masih selalu mengunjungi kampung Cihuni, sebuah kampung kecil di kecamatan cipeundeuy subang jawa barat. Jarak waktu tempuh dari Jakarta kurang lebih 3 jam perjalanan. Kampung Cihuni ini adalah kampung kelahiran Ayah ku. Suasana sebuah kampung akan terasa bila kita pergi ke persawahan yang terletak kurang lebih 800m dari tempat rumah enin (nenek). Tidak hanya persawahan saja, tapi ada juga masyarakat sekitar yang membuat empang kolam ikan untuk konsumsi ataupun untuk investasi, dan juga kebun-kebun rambutan, kebun pisang, hutan bambu, hutan kayu jeunjing, pokoknya aku sangat suka alam pedesaan ini..

Hal yang sangat kusukai adalah pergi kesawah dengan menyusuri pematangnya. Walaupun pada siang hari udara cukup panas, aku tak segan berlari-lari, terkadang aku istirahat sejenak di saung yang terletak dipinggir dan tengah sawah. Aku sangat suka berada di saung, kadang semilir angin ketika sedang berada di dalam saung sawah membuatku tertidur, walaupun bangunannya tidak permanen, tapi aku sangat suka, terutama pada waktu sore hari... wowww semilir angin pedesaan yang membangkitkan semangat dan rasa bersyukur bahwa betapa indahnya karunia Tuhan pencipta alam semesta ini, betapa indahnya hamparan hijau pepohonan, sawah yang membentang luas.. Aku juga semakin sadar betapa perlunya tanaman tumbuhan bagi kelangsungan hidup manusia.

Kegiatan memancing pun selalu aku lakukan ketika aku pergi berlibur, sambil menunggu ikan memakan umpannya aku meminum kelapa muda yang aku ambil sendiri dari pohonnya (pohonnya pendek banget), ehmm.. ohh.. segarnya minum kelapa muda sambil memancing ikan.. sesekali aku melihat kail yang kuberi cacing tanah yang juga aku ambil sendiri dari pematang sawah dan sungai kecil di sekitar empang. Aku sama sekali tidak merasa geli ataupun merasa takut akan kotornya tanah, malah aku merasa senang. Aku memancing kadang-kadang ditemani Mang Karim, ia adalah seorang penjaga kebun yang setiap bulannya di bayar untuk menjaga kebun, sawah dan juga empang ikan. Terkadang juga aku ditemani sepupuku yang bernama Cindy dan Tifa.

Aku paling menyukai pergi ke persawahan sekitar jam 3 sore, waktu yang memang enak untuk sekedar bersantai-santai tiduran di saung sawah, apalagi jika sehabis sholat, terasa semilir angin menerpa wajah .. tak terasa... senja semakin menampakkan wajahnya.. saat yang tepat untuk mencari belut sawah untuk dijadikan makan malam di rumah Enin, dengan di temani oleh Mang Ipinn (Om Ipin), ia adalah suami dari Bibi ku, Bi Eni. Beberapa ekor belut berhasil kutangkap bersama Mang Ipin. Kondisi pakaianku cukup kotor karena terkena lumpur sawah dan cipratan air.. tapi ku senang.. ku senang .. masih bisa merasakan...

Dalam satu bulan aku mengunjungi Kampung Cihuni bisa 2 kali... Terkadang naik Bis Umum, terkadang naik Xenia ku... Brumm...Brummm... Tancap Gas Euyy...!!




original posting
by: yudha