Jumat, 28 November 2008

MASIH NEWBIE

Seringkali kita mengeluh ketika sedang menggunakan Komputer, lalu tiba-tiba bertanya, kok komputer saya jadi lambat? kok folder data saya hilang? kok jadi ada file aneh, padahal saya ngga pernah copy atau download? kok jadi sering timbul pesan error atau aneh?... yah!! komputer saya kena virus deh.. cape dehh..

Saya juga pernah mengalami kejadian seperti ini, memang menjengkelkan!, saya punya pengalaman, yah walaupun sebenarnya malu juga sih buat menceritakan di Blog ini, yah tapi buat tuker pengalaman aja ya kan? it's ok, lanjut... ketika itu data-data kuliah saya hancur, hilang karena terkena virus Brontok dan virus Redlof yang pada waktu itu lagi booming-booming nya virus tersebut merajalela di indonesia. Waktu itu saya pakai Norton 2003 OEM. Maklumlah seperti orang awam pada umumnya, kalau sudah punya antivirus ya sudah, ya pasti aman dong coyy...pikir saya waktu itu.

Tapi woww!! Setiap saya menjalankan komputer, pesan indah berwarna hijau dari pembuat virus Brontok selalu menampakkan dirinya setiap kali saya berada di depan muka komputer. Tapi Norton saya tak bisa berkutik, tak bisa meng-clean, tak bisa meng-quarantine, tak bisa men-delete! Ya sudah, hari demi hari berlanjut, cuek saja walaupun komputer ku terasa lambat sekali. dan juga di setiap folder terdapat icon folder htt, yang ternyata itu akibat dari virus Redlof. Memang itulah yang saya alami bila tidak pernah meng-update Antivirus.

Ya sudah, saya kehabisan akal, harap maklum waktu itu pengetahuan saya tentang dunia per komputeran minus, apalagi tentang dunia per-virusan, tapi saat ini pun saya masih Newbie, masih banyak harus belajar, terutama dari pengalaman. lanjutt!!,saya langsung bawah saja komputer saya ini ke Harco Mangga Dua untuk di servis, dan saya langsung minta di install ulang saja tanpa pikir panjang lagi, yang ternyata komputer saya tidak di partisi, dan bisa di tebak data saya hilang..

Itulah kisah buram komputer kesayangan saya yang terjadi pada tahun antara 2005 dan 2006...

Antivirus yang pernah hinggap di komputerku :
1. Trend Micro PCCillin 2002
2. Norton Antivirus 2003
3. AVG Free 7.5 & 8.0
4. Avast Home 4.7 & 4.8
5. BitDefender Free Edition
6. Avira Antivir Personal 7 & 8 (sampai hari ini)

Kenapa saya banyak menggunakan Antivirus Freeware alias Gratis alias cuma-cuma alias Gretong?
Itu karena saya gak mau ambil pusing, lalu Antivirus berbayar masih terlalu mahal, lalu Antivirus gratis rata-rata bisa update offline alias online nya di warnet saja dengan men-download folder database signature virus-nya. Memang sih di balik itu semua terdapat berbagai feature yang tidak terdapat di sebuah Antivirus gratisan, dan saya tahu itu, seperti Kaspersky yang banyak orang bilang Antivirus nomor wahid di dunia.

Sekarang saya menggunakan Avira Antivir Pesonal, menurut saya Avira ini friendly sekali..! engine heuristicnya ampuh banget, kita dapat mengatur setting-an engine heuristicnya low, medium, dan high. Avira ini juga bagus mendeteksi virus luar maupun virus lokal, tak kurang 400 varian Brontok sudah ada di database signature nya. Resourches memorinya juga cukup kecil dan tidak membuat komputer kita jadi lambat. (kalau ada yang mau menambahkan, silahkan, hanya itu yang saya alami)

Fitus Avira Antivir Personal 8 :
1. Protection from virus, worms and trojans
2. AntiDialer protection against expensive dialers
3. AntiRootkit proctection from hidden rootkits
4. Faster scanning up to 20% faster
5. New User Interface
6. AntiPhising protection from phising

untuk lebih jelasnya, coba lihat Links ini :
http://www.free-av.com/en/products/2/avira_antivir_premium.html

Untuk proteksi komputer PC dan Laptop saya juga menggunakan Antispyware. Karena Avira Personal tidak mempunyai fitur Antispyware.
Program Antispyware yang saya gunakan Freeware juga. diantaranya :

1. SUPERAntispyware (http://www.superantispyware.com)
2. Spyware Terminator (http://www.spywareterminator.com.com)

Untuk mendukung pencegahan dari virus lokal saya juga menggunakan beberapa tools yang bersifat portable tanpa harus di install, diantaranya :

1. Ansav
2. PCMAV
3. SmadAV
4. Morphost

untuk melihat Link Antivirus lokal, sudah saya post kan di bagian kanan komputer..





original posting
by : yudha

Reaksi:

1 komentar: