Sabtu, 01 Mei 2010

Settingan Awal ArchiCAD 12

Sebelum menggunakan archicad 12, kita harus menyeting nya terlebih dahulu, ada beberapa settingan yang harus di setting agar nantinya kita dapat membuat gambar archicad secara skalatis dan terukur. Settingan mendasar pertama adalah pada project preferences pada working & units, pengaturan skala, dan pengaturan Grid. Pada tutorial kali ini saya banyak menampilkan gambar dengan penjelasan yang disertai dengan urutan angka, agar lebih jelas urutan prosesnya…

untuk lebih jelasnya dengan gambar-gambar ilustrasi yang saya buat, bisa di PERBESAR dengan meng-Klik nya.

Langsung saja… langsung praktek nih… he..he…



Pilih options pada toolbar atas, pilih project preferences lalu working units & levels.





Lalu akan muncul gambar seperti diatas yaitu working unit & levels. Ubah model unit dan layout unit menjadi satuan Centimeter. Setelah itu pilih NEXT untuk settingan selanjutnya..





Lalu akan muncul gambar Dimensions. Ubah Standard nya menjadi Custom, ubah Unit dimensions menjadi Satuan Centimeter, dan Extra accuracy menjadi .5. setelah itu pilih NEXT.





Lalu akan muncul gambar Calculation Units. Ubah length Units menjadi Centimeter, ubah Area unit menjadi square centimeter, dan volume unit menjadi cubic centimeter. Stelah itu pilih OK untuk selesai.





Setelah selesai dengan settingan working & unit. Sekarang tinggal menyetting skala, yaitu pada sebelah kiri layar, pilih dengan meng-kliknya, lalu akan muncul perintah Scale (floor plan). Pilih panah kebawah, dan pilih skala 1:100 saja untuk memudahkan settingan selanjutnya. Tapi settingan skala ini tergantung kebebutuhan juga, jadi tidak mesti skala yang saya sebutkan. Bisa skala 1:50, skala 1:200, dan lainnya. Lalu pilih OK.





Lalu beralih pada settingan Grid. Gunanya settingan grid ini adalah untuk memudahkan kita membuat denah-denah yang mempunyai jarak antar kolom atau jarak antar dinding sama, juga memudahkan kita untuk memulai tarikan awal pada wall atau dinding.
Pada toolbar atas, pilih view, lalu pilih Grid option, dan pilih Grids & background.





Lalu akan muncul perintah seperti diatas, ubah Spacing ke samping dengan ukuran 50, dan ubah Spacing ke atas dengan ukuran 50 juga. Sebenarnya tidak harus ukuran 50 saja, bisa juga ukuran 25, 100, 150, dan lainnya, ini untuk memudahkan saja. Ukuran 50 disini berarti 50 cm, didapat dari settingan skala yang sebelumnya sudah kita setting , yaitu skala 1:100.



Settingan dasar awal pada archicad 12 ini juga berlaku untuk archicad versi 12 kebawah, atau mungkin juga versi lebih barunya…






Sekian tutorial sederhana ini, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat.





salam hangat,

yudha

Reaksi:

0 komentar: