Microsoft Security Essentials, Antivirus dari Microsoft

Belum lama ini saya melihat disebuah Blog teman saya yang bernama Milomen , dalam blognya dia memposting sebuah artikel mengenai antivirus dari Microsoft, yaitu Microsoft security essentials (MSE).

Microsoft Security Essentials(MSE) adalah:
sebuah security yang menyediakan perlindungan real-time untuk PC dirumah anda untuk menjaga dari serangan terhadap virus, spyware, dan perangkat lunak berbahaya lainnya.

Microsoft Security Essentials dapat di download secara gratis dari Microsoft yang mudah diinstall, mudah digunakan, dan sehingga komputer kita akan mendapat perlindungan dari MSE tersebut.

Microsoft Security Essentials berjalan dengan tenang dan efisien di latar belakang komputer kita, sehingga kita akan merasa lebih aman dari bahaya-bahaya yang berhubungan denganm security.

Terus terang, saya tertarik dengan berita ini…. Maka itu, saya bertanya kepada teman saya itu, dimana Linknya asli nya, karena saya mau mencoba mendownloadnya dan mereview MSE tersebut. Setelah teman saya itu memberikan link, saya mendownloadnya. Ukuran downloadnya tidak begitu besar hanya 8 MB an. Setelah selesai mendownloadnya, saya pun langsung meng-installnya. Satu hal yang menjadi prinsip saya, saya hanya mau mendownload dari situs asli sebuah produk, saya tidak mau mendownload selain dari tempat aslinya, karena jika mendownload dari situs lain dikhawatirkan takut mengandung malware.

Lalu saya pun mengistallnya, next…next… dan waw..!! ternyata, MSE ini meminta supaya kita men-check dulu, apakah windows yang kita pakai asli atau tidak….

Ha..ha.. saya tak perlu khawatir, karena windows xp yang saya gunakan adalah windows xp genuine asli…

Setelah men-check keaslian windows saya, lalu proses install selesai. Proses installasi ini tidak memakan waktu, cukup cepat menurut saya. Lalu saya mulai
mencobanya menjalankan MSE tersebut. Dan lho..!! kenapa tidak bisa dijalankan? Kenapa realtime protectornya mati?...... ternyata setelah selesai meng-installnya, kita diharuskan untuk melakukan update agar MSE ini bisa digunakan, jika belum di Update, maka tidak bisa digunakan. Lalu saya mengupdatenya dengan update secara manual dari situs Microsoft ,dengan ukuran update yang cukup besar sekitar 40 MB an.



Dan inilah tampilan dari MSE ini, terlihat simple, minimalis dengan beberapa tab menu home, update, history, settings



Pada bagian update, kita bisa meng-updatenya secara online dengan meng-klik update. Juga terdapat informasi mengenai tanggal definisi update nya dan versi dari virus definition dan spyware definition.
Perlu diketahui, MSE ini dapat juga di update secara manual, dengan mendownload definisi update dari situs Microsoft.



Pada menu history kita bisa melihat virus atau malware yang dideteksi oleh MSE ini, kita juga bisa lihat keterangan secara detail nya.



Lalu pada menu settings, terdapat beberapa settingan yang bisa kita rubah, seperti schedule scan, exlude file, reltime protection..



Saya pun mencoba mengetes kemampuan real time protection nya dengan memasukkan sebuah script malware. Sebelumnya saya me-nonaktifkan terlebih dulu antivirus Avast, untuk mencegah terjadinya deteksi bersamaan. Dan inilah screen shotnya..!! terdapat warning pada bagian kanan bawah layar computer, menandakan MSE mendeteksi script malware yang saya masukkan. Setelah itu, saya memilih clean computer, lalu MSE ini menghapus script tersebut.


Secara keseluruhan, MSE ini menurut saya cukup baik, fungsi real time protectionnya juga cukup baik dan cepat mendeteksi virus, hanya saja, pemakaian resources memori computer masih cukup besar. Dibandingkan dengan antivirus Avast yang saya miliki, masih cukup besar pemakaian memori dari MSE.

Bagi anda yang ingin menggunakan antivirus gratis yang cukup bagus dalam mendetaksi virus/malware, MSE ini bisa dijadikan alternatif.... update databasenya juga bisa manual update....


untuk mendownload Microsoft Security Essential ini, dapat didownload di:
http://www.microsoft.com/Security_essentials/

atau dapat langsung meng-klik disebelah kanan blog saya di Link popular.



Untuk updatean nya download sisamping kanan Blog saya.. Update Antivirus


semoga artikel ini bermanfaat....



thanks to:
- Milomen (teman saya di forum Smadav) http://MiloMenz.blogspot.com

Post a Comment

1 Comments

Hello, thanks for posting this information, I was trying to find information on this topic –this was very helpful.