Minggu, 12 April 2009

Meredam Panas dan Mengurangi Temperatur Bumi



Air Conditioner (AC) dibutuhkan jika panas ruangan semakin menjadi. Sebelum itu terjadi, kurangi panas dengan menggunakan material insultasi pada atap.


Mencegah panas matahari masuk ke dalam rumah adalah fungsi material insulasi pemantul panas. Caranya dengan memantulkan sinar matahari dan meredam panas yang merambat masuk.

Material ini terbuat dari aluminium foil murni. Ditempatkan sebagai lapisan di bawah atap, sehingga memantulkan panas matahari yang menerpa atap rumah sebelum masuk ke dalam ruangan di bawahnya.

Aluminium foil berfungsi memantulkan panas dari sinar matahari hingga 97 persen. Di bagian tengah lapisan insulasi ini terdapat spons atau plastik berlubang. Fungsinya untuk meredam rambatan radiasi panas matahari, sehingga panas matahari tidak dapat merembes ke ruangan di bawah atap.

Menggunakan material insultasi ini dapat berdampak positif bagi penggunaan energi listrik. Berkurangnya temperatur ruang dapat membantu mengurangi penggunaan AC sebagai pendingin ruangan. Dengan demikian, konsumsi energi listrik pun dapat ditekan. Plus, dengan meminimalkan penggunaan AC, kita dapat membangu mengurangi peningkatan temperatur Bumi.



BY: http://yudha-arch.blogspot.com

Referensi BY: http://www.ideaonline.co.id

Reaksi: