Jumat, 12 Desember 2008

TIPS Mempercepat Win XP

Berikut tips yang semoga dapat bermanfaat bagi semua untuk mempercepat windows XP anda :

1. Hapus icon di desktop yang tidak penting
Sering program yang di install di komputer akan membuat shortcut baru (icon) di desktop. Untuk mempercepat kinerja komputer, salah satu cara ialah mengurangi icon di desktop . Jika kita jarang menggunakan icon-icon ini, lebih baik di hapus saja, bisa sedikit mengurangi pemakaian memori. serta tidak menggunakan wallpaper yang memakan banyak memory. Ganti wallpaper dengan background berwarna.

2. Scan komputer dari Virus, Spyware, trojan dan sejenisnya
Jika komputer terinfeksi virus, sebagian besar kinerjanya akan menurun, bahkan bisa-bisa komputer menjadi sangat lambat. Oleh karena itu sebaiknya selalu dijaga agar komputer bebas virus. kemudian jika komputer sering terkoneksi ke Internet, maka setidaknya sekitar sebulan sekali atau lebih komputer di scan dari spyware, mallware dan sejenisnya. Atau untuk yang tidak terkoneksi langsung dengan internet, bisa melakukan update secara Offline, yaitu dengan mendownload update definisi virus terbaru dari website antivirus/spyware yang dipakai.

3. Adjust for best performance.
Anda bisa mempercepat akses Windows XP anda dengan mematikan semua fitur grafik dan efek di WinXP , Caranya anda klik kanan di My Computer, terus pilih My properties, setelah itu pilih Advanced, lalu pilih Setting pada bagian Performance,dan pilih Adjust for best performance.

4. Defragment hardisk
Defrag secara berkala untuk mempercepat dan menata kembali file-file di dalam hardisk. Caranya, menu Program > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter .

5. Disk Cleanup
Kembangkan kapasitas harddisk dengan menggunakan Disk Cleanup. Buka My Computer, klik kanan drive yang ada dan pilih Properties. Buka tab General dan klik tombol Disk Cleanup. Bersihkan semua file sampah tersebut, termasuk mengosongkan isi Recycle Bin dari semua data yang sudah tidak digunakan lagi. Atau dapat juga menggunakan software tambahan seperti CCleaner, yang penggunaanya sangat mudah, hanya dengan setting default nya saja ,buka program CCleaner : klik Run Cleaner > lalu jika sudah men-scan pilih Analyze .

6. Startup
Matikan semua startup anda yang tidak perlu di windows, caranya pilih "run" di "start" menu terus ketik "msconfig" terus pilih "startup" di pojok kanan, lalu matikan semua startup yang anda anggap tidak berguna. Tapi hati-hati, jangan sampai startup untuk windows terhapus.

7. Memperbaiki Kinerja PC Dengan Software Advanced SystemCare
Didalamnya terdapat berbagai fitur untuk memperbaiki konfigurasi system windows, memperbaiki registry windows, menghapus spyware yang berada di dalam komputer sekaligus perlindungan agar tidak terjangkit spyware dan adware, mengontrol startup windows, menghapus junk/file sampah, menghapus jejak ketika selesai surfing internet, dan masih banyak lagi. Mempergunakan software ini sangat mudah, pada bagian Scan, pilih opsi Scan ,lalu biarkan Advanced Systemcare meng-scan masalah yang ada, setelah itu Klik Repair untuk memperbaiki nya. Software ini 100% freeware. Untuk dapat mengenali ancaman spyware terbaru, di utamakan untuk meng-update definisi spyware. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa dilihat di http://www.iobit.com


By: yudha-arch.blogspot.com

Reaksi:

0 komentar: