Sabtu, 24 April 2010

WARNA RUANG….Dan PENGARUHNYA BAGI PERILAKU..

Seringkali kita bingung ketika ingin mengganti warna cat rumah baik interior maupun eksterior, hal ini karena warna memainkan peranan penting dalam mewujudkan suasana ruang dan mendukung terwujudnya perilaku-perilaku tertentu, pengaruh warna dan lingkungan ternyata tidak selalu sama antara orang satu dengan lainnya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, latar belakang budaya, atau kondisi mental.



Umur juga biasanya menentukan perbedaan warna, misalnya antara orang dewasa dan anak-anak tentu terdapat perbedaan selera, untuk orang dewasa cenderung menyukai warna-warna yang simpel dan tidak terlalu mencolok dan lebih ke untuk kenyamanan, sedangkan anak-anak biasanya lebih menyukai warna-warna yang nge-jreng atau ramai.


Misalnya, sewaktu saya ingin mengganti warna interior kamar tidur saya, saya sebelumnya membuat beberapa alternatif pilihan warna, dengan menggunakan software sketchup, saya mencoba-coba perpaduan warna apa yang cocok untuk kamar tidur saya, hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan warna adalah, efek dari psikologis warna itu sendiri, misalnya saja warna merah yang mempunyai efek panas , sedangkan warna hijau yang mempunyai efek lebih dingin. Untuk penerapan didalam kamar tidur bisa menggunakan warna-warna sejuk seperti hijau, putih, krem, biru, ungu atau perpaduan antara dua warna seperti biru-hijau, biru-ungu atau putih hijau.


Pengaruh warna tidak hanya menimbulkan suasana panas atau dingin, tetapi warna juga dapat mempengaruhi kualitas dari ruang tersebut, misalnya warna akan membuat seolah-olah ruang menjadi lebih luas, lebih sempit, atau lebih semrawut…






salam hangat,

yudha

Reaksi:

2 komentar:

setuju, masing-masing warna punya energi masing2 yang mereka pancarkan.

http://warnaimpian.com/kontes/

@warnapedia:
yups..thanks sobat sudah mampir dan komennya...