Easy File Locker, Untuk Data Security

Mereview software-software yang bagus dan juga freeware adalah kegemaran saya. Saya pun sebelum mempublish review software ini, terlebih dahulu mencobanya di computer saya , agar saya tahu kelebihan dan kekurangan dari software yang saya review tersebut. Kali ini saya akan me-review software untuk keperluan keamanan data, yaitu easy file locker (EFL) dari XOSLAB.COM.

Sebelumnya, saya tahu software EFL ini dari teman saya harboot. Ketika membaca artikel teman saya itu, saya melihat software EFL ini, lalu saya pun mendowonloadnya, ya..!! EFL ini ternyata software gratis atau freeware. Ukuran downloadnya pun sangat kecil, hanya sekitar 226 kb…. Cukup kecil kan? Penggunaannya juga sangat-sangat mudah digunakan, tidak memakan resources memori,

Ada beberapa fitur dari EFL yang saya sukai, diantaranya:

Adanya proteksi password ketika ingin mengaktifkan kembali suatu folder yang di locker oleh EFL

Adanya pilihan keamanan yang bisa diterapkan pada folder yang akan di Locker:
Jenis proteksi yang diterapkan dengan menggunakan Easy File Locker adalah
1.visible = suatu file atau folder yang diatur dapat dilihat
2.Accessable = dapat diakses
3.Writable = dapat ditulisi
4.Deletable = dapat dihapus



Berikut screenshot disertai contoh gambar-gambar dan penjelasan singkat mengenai Easy File Locker (EFL):


Ini adalah tampilan awal dari EFL ketika kita mengaksesnya pertamakali.




Ini adalah screenshot cara memasukkan folder atau file yang akan di Locker , caranya klik add file atau add folder, lalu pilih file atau foldernya. Lalu tentukan dengan konfigurasi apa yang akan di terapkan untuk melindungi data , terdapat 4 pilihan.




Agar orang lain tidak bisa meng-akses atau merubah data yang telah di Locker, kita harus men-setting password, caranya pilih Tab menu system, lalu pilih set password, lalu isi passwordnya.




Ini adalah tampilan ketika akan membuka program EFL, kita diminta memasukkan password. Apabila kita lupa, kita tidak bisa masuk ke program EFL tersebut.


Seperti diatas itulah penggunaan dari Easy File Locker (EFL) yang sangat mudah digunakan, dan tentunya cukup memberikan perlindungan data kita dari tangan-tangan jahil.



Berikut saya akan memperlihatkan konfigurasi EFL yang saya terapkan untuk melindungi data saya, berikut screenshotnya:


Ini adalah screenshot konfigurasi yang saya terapkan di data yang saya lindungi, saya hanya memilih menggunakan opsi Visibility…. Hasilnya, file yang saya Locker ini dapat terlihat secara kasat mata, tetapi file nya tidak bisa di akses, karena saya tidak melilih tiga opsi lainnya, dan konfigurasi ini menurut saya rekomendasi dari saya sendiri.




Ketika akan meng-aksesnya akan ada peringatan warning, document is not accessible dan access is denied.




Ketika kita mencoba meng-akses nya dengan mencoba melihat propertiesnya dengan klik kanan, maka akan terlihat bahwa file itu kosong, size nya 0 dan tidak ada file atau folder didalamnya. Padahal dalam file yang saya Locker ini terdapat banyak file dan folder. Hal ini yang saya sukai dari EFL ini.


Download Easy File Locker:


Semoga review singkat mengenai Easy File locker ini bermanfaat bagi yang mencari suatu software untuk mem-proteksi data dalam computer.
Untuk para blogger, tetap selalu mengunjungi blog saya ini, karena saya akan senantiasa memberikan tips-tips mengenai software atau hal lain yang menarik untuk di review dengan disertai contoh-contoh gambar yang mudah-mudahan dapat terlihat jelas guna mendukung penjelasan mengenai review software yang saya buat, dan ini merupakan ciri khas dari blog saya ini.


Semoga bermanfaat bagi saya dan blogger yang mengunjungi blog saya ini ….






Thanks to:
Harboot (teman saya di forum smadav) http://harboot.com
Cangcilung (teman saya di forum smadav) http://dukdukmonk.blogspot.com
Milomenz (teman saya di forum smadav) http://milomenz.blogspot.com

Post a Comment

0 Comments