Mengambil View Dengan 3D Projection Settings Archicad

Adakalanya kita ingin melihat view (tampak) dari bangunan atau objek yang sudah kita buat dengan archicad. Tetapi kadangkala kita mengambil view nya dengan asal saja atau dengan mengira-ngira.

Pada archicad, ada tools yang dapat digunakan untuk melihat berbagai macam view dari beberapa sudut pandang dengan mudah. Namanya 3D Projection settings.

ini screen shot gambarnya... saya menggunakan Archicad 11 untuk artikel ini. untuk versi 12 saya rasa sama saja prinsipnya.



Pada tools 3D Projection settings ini, terdapat 3 sub menu tools, yaitu Perpective setting, more sun, dan parallel projection.




Yang pertama adalah Perpective settings, pada menu ini terdapat :
Settingan camera, distance, azimuth, view cone, roll angle, sun altitude, dan sun azimuth. Penggunaanya cukup mudah, tinggal memasukkan angka-angka untuk melihat tinggi rendah, sudut padang, ketinggian cahaya, sudut cahaya, dll.




Kedua, ada tools more sun, pada tools ini terdapat beberapa settingan untuk cahaya:
Settingan sunlight, ambient light, fog, intensity sun, locate , dll.




Yang ketiga ada tools pararel projection ada settingan custom aksonometri, kita bisa memilih view yang diinginkan, bisa perspektif, tampak depan, tampak belakang, dll
Pada tools ini juga kita bisa memutar-mutar arah kamera dan arah bayangan sesuai dengan kebutuhan
Kita juga dapat melihat preview nya yang ada disebelah kiri tools ini.




Semoga bermanfaat artikel ini....

berhubung sebentar lagi saya mau mudik ke Subang, Jawa Barat.... maka saya mencoba mem-Posting beberapa artikel mengenai Archicad yang sudah saya buat diKomp. saya...




Thanks to:
- Kedua Orang Tuaku
- Archicad Indonesia
- My Love
- Teman-teman kampus ku
- Archicad Mania di indonesia

Post a Comment

0 Comments