Turbin Ventilator Untuk Rumah Tinggal, bikin Sejuk..!!



Teman-teman Blogger apakah pernah melihat benda pada atap bangunan seperti ini?? ketika sedang jalan-jalan di permukiman, tempat industri atau di komplek rumah tinggal anda? Ya benda ini adalah turbin ventilator. Turbin ventilator ini biasa kita temukan di pabrik-pabrik pada atap nya atau pada bangunan industri.



Turbin ventilator ini berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan udara panas yang terjebak pada suhu bawah atap atau ruangan. Dengan menggunakan turbin ventiloator ini, hasilnya cukup terasa, suhu panas dalam ruangan atau bawah atap akan dihisap, lalu kemuadian dibuang keluar ruangan. Sehingga ruangan pun manjadi lebih sejuk…


Turbin ventilator sekarang ini banyak kita temukan di permukiman penduduk, coba anda perhatikan jika sedang berjalan-jalan di sekitar perumahan anda, lihat pada atap bangunannya, dalam satu bangunan rumah biasanya terdapat lebih dari 2 atau 3 bahkan lebih turbin ventilator.

Turbin ventilator adalah salah satu dari sekian banyak alat untuk mengusir hawa panas didalam rumah. Jadi tidak hanya dilingkungan industri atau pabrik saja, di lingkungan perumahan pun banyak yang memakai turbin ventilator ini.



System kerja dari turbin ventilator ini tidak memerlukan energi listrik, sistem kerjanya mengandalkan hembusan angin yang melewati sirip ventilator, sirip tersebut kemudian berputar, lalu putarannya menciptakan tekanan angin yang dapat menyedot udara panas dari ruangan dan dibuang keluar sehingga ruangan didalamnya akan terasa lebih sejuk.

Dan yang menariknya adalah bukan hanya udara panas saja yang dapat tersedot, udara lembab, aroma yang tak sedap pun dapat disedot untuk dikeluarkan…

Untuk dapat memasang turbin ventilator ini di perlukan teknisi khusus, karena dibutuhkan ketelitian untuk memasangnya. Biasanya produsen pembuatnya mempunyai tenaga ahli untuk dapat langsung memasang produknya kepada konsumen.


Pada penempatannya di Atap bangunan, turbin bertumpu pada rangka atap dan diikat dengan pemasangan sekrup sehingga kokoh berada di atas atap. Bahan dari turbin ini adalah stainless steel juga ada yang terbuat dari akluminium sehingga kuat dan tahan lama dari cuaca dan suhu.
Turbin ventilator ini dapat dipasang disegala jenis atap, seperti atap datar, atap pelana, atau perisai. Pemasangannya dipastikan harus teliti karena posisi turbin ventilator ini menempel pada atap bangunan.






sekian sharing saya mengenai Turbin Ventilator ini, semoga berguna bagi siapa saja yang mengunjungi blog saya ini...






thanks to:
google.co.id atas picture nya

Post a Comment

35 Comments

archv3nture said…
benar sob sekarang dah banyak jg bangunan rumah tinggal yang menggunakan turbin ventilasi sbg alt untuk medapatkan penghawaan alami.dan jg biaya operasionalnya lebih hemat daripada menggunakan AC,,artikelnya bagus..lanjutkaaaan
yudha said…
@archv3nture:
iya sob, sekarang ini banyak yang saya temui rumah yang menggunakan turbin ini, juga lebih hemat daripada menggunakan exhaust fan..

thanks komennya sobat...
nurul sora said…
artikelnya bagus :)
sangat informatif..
turbin ventilasi selain bisa menghemat.. bisa mengurangi efek global warming krna ac.. :)
postingan yang menarik sob. makasih ya...
yudha said…
@nurul sora:
iya sob, sebagai alternatif dari penggunaan AC, juga mengurangi efek global warming yang akhir-akhir ini hangat di perbincangkan.

thanks sudah mampir dan komennya sobat...



@BRI Jakarta Veteran:
sama-sama sahabat, thanks selalu mampir di blog ku ini..
Ferdinand said…
Wah aku baru tau itu namanya turbi ventilator ....... makasih nie ilmu'y Sob......aku kira yg kaya gtu buat apa hhe......

Oiya ada Tag buat sobat tolong diambil n diterusin...
Di sekitar rumah sih belum ada yang pasang turbin ventilator seperti ini. Jadi ingat waktu KKN, di sebuah desa di Kec. Citeureup, salah satu produk unggulannya ya turbin ini, dibuat dari plat logam bekas iklan...
yudha said…
@Ferdinand:
iya sob, ini sebagi alternatif untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan bebas udara yang berbau, bagusnya turbin ini tanpa listrik..

ok, aq mampir lagi ke tempatmu ya sobat. thanks ya sudah mampir + komen
yudha said…
@lina@women's perspectives:
iya sobat.. bahan nya bisa dari aluminium dan stainless steel.
wahh, kreatif juga ya desa itu..he.he..

thanks atas komennya, sering-sering mampir yoo..
asal ngomong said…
sekarang lagi global warming, dirumah kalau siang panas pouullll udaranya
yudha said…
@asal ngomong:
iya sob, sekarang ini pemanasan global sudah sangat parah, tak hanya di indonesia, dinegara manapun sama,

terkadang, sore hari saja panasnya terasa seperti siang hari.

Thanks sudah mampir dam komentar...
Anonymous said…
untuk biayanya gmn?
berapa duit per unit?
kejangkau kantong ngga?
maket rumah said…
keren gan
hemat listrik dan ruangan pun jadi sejuk :)
Unknown said…
lagunya mantap .... mnta doong om .. hahahahh
Uriel Welsh said…
Sob, mau tanya, untuk rumah atau ruangan 30-40m persegi kira2 dibutuhkan berapa turbine ventilator ya? Thanks :)
Andre said…
untuk mengurangi kesan industrial dari bahan turbin ventilator (biasanya berbahan SS dan almi), ada produk turbin ventilator lebih khusus untuk rumah SUPAVENT dan TURBOBEAM.

SUPAVENT: ventilator bahan policarbonat, ada beberapa pilihan warna (serasi dengan atap), made in Australia

TURBOBEAM: ventilator dengan bahan policarbonat transparan shg dual fungsi: ventilator dan skylight, made in australia.

jika berminat bisa cek di http://cemerlangshops.blogspot.com
Unknown said…
mantep nih infonya,,
thanks mas
Macamana dgn bunyian putaran? Bising tk
Unknown said…
info lengkap machine balancing
machinebalancing.blogspot.com
randi said…
makasih infonya,,
Anonymous said…
kalau jena hujan gimana ngatasin air nya?

apakah desain ventilator tersebut memang tidak membuat air hujan masuk ke dalam celah dan menetea ke plafon dalam?

Thx.
Unknown said…
Boleh juga tuh pasang turbin ada yg tau ga dimana dan harganya berapa?
Unknown said…
Kalau rumah tipe 75 bisa dipsang turbin tidak?
Anonymous said…
Wah lumayan menghemat juga yabgan drpd pake ac :D
Kalau dipasang diatap dak beton kamar mandi lantai bawah bagaimana triknya supaya dapat hembusan angin? Apa mesti buat menara pipa silinder sampai setinggi dapat terpaan angin?
Unknown said…
Blog anda sangat bermanfaat bg bnyk orang termasuk saya.sy jd tau kl nama turbin ventilator.kl yg utk perumahan biasanya brp yah harganya sis...
Unknown said…
Blog anda sangat bermanfaat bg bnyk orang termasuk saya.sy jd tau kl nama turbin ventilator.kl yg utk perumahan biasanya brp yah harganya sis...
Unknown said…
Blog anda sangat bermanfaat bg bnyk orang termasuk saya.sy jd tau kl nama turbin ventilator.kl yg utk perumahan biasanya brp yah harganya sis...
Saya baru tau gan kalau blower di atas bisa digunakan untuk penyejuk rumah, sedangkan yang saya tau, rumah itu biasanya selalu menggunakan AC ruangan.
kalau blower bisa untuk menyejukan ruangan, saya jadi ingin mencobanya. Tetapi apabila atap rumah menggunakan genteng, apakah bisa menggunakan blower tersebut.
This comment has been removed by the author.
Anonymous said…
Ideal nya brapa buah untuk rumbah tempat tinggal jika ingin di pasang ventilator ini
Anonymous said…
Terima kasih penjelasannya yang bermanfaat... Jgn lupa mampir ke blog kami homei