This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Senin, 28 Juni 2010

Elemen Tangga dan Fungsinya

Tangga tersusun atas beberapa bagian, seperti ibu tangga, anak tangga, railing, bordes, dan baluster. untuk mendapatkan desain tangga yang aman dan nyaman, diperlukan desain yang tepat dan perlu diperhatikan mengenai bentuk dan ukurannya. Misalnya,tangga untuk bangunan tempat tinggal, tentunya berbeda dengan ukuran tangga untuk bangunan perkantoran.

Tak dapat dipungkiri, tangga merupakan salah satu alat sirkulasi pernghubung antar lantai lain diatasnya. Tak hanya itu, tangga juga bisa berfungsi sebagai pembatas ruang dan juga sebagai elemen interior yang sepertinya wajib juga diperhatikan. Tangga juga terkadang belakangan ini sengaja di ekspos untuk menjadi salah satu elemen dalam interior bangunan dengan model-model yang menarik.



Kembali ke topic judul diatas, elemen tangga terdiri dari:


contoh object Tangga yang di buat dari object ArchiCAD.




Ibu tangga :
merupakan bagian tangga yang berfungsi mengikat anak tangga. Material yang digunakan untuk membuat ibu tangga misalnya antara lain, beton bertulang, kayu, baja, pelat baja, baja profil canal, juga besi.

Kombinasi antara ibu tangga dan anak tangga biasanya untuk bu tangga misalnya, beton bertulang di padukan dengan anak tangga dari bahan papan kayu, bisa juga keduanya dari bahan baja, untuk ibu tangga menggunakan profil kanal untuk menopang anak tangga yang menggunakan pelat baja.



Anak Tangga :
Merupakan elemen dari tangga yang perlu perhatian cukup penting. Karena sering dilalui untuk naik turun pengguna, bahan permukaan anak tangga harus benar-benar aman, nyaman agar terhindar dari kemungkinan kecelakaan seperti terpeleset karna licin atau terlalu sempit.

Anak tangga terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian horizontal (pijakan datar) dan vertical (pijakan untuk langkah naik). Ukuran lebar anak tangga untuk hunian berkisar antara 20-33 cm. dan untuk bagian vertical langkah atasnya berkisar antara 15-18 cm. untuk ukuran tangga darurat biasanya bagian vertical mencapai 20 cm.

Ukuran lebar tangga juga penting diperhatikan, untuk panjang atau lebar tangga pada hunian tempat tinggal adalah minimal 90 cm. sedangkan untuk tangga servis biasanya lebih kecil, yaitu 75 cm.



Railing :
Merupakan pegangan dari tangga. Material yang bisa digunakan bermacam jenis nya. Misalnya menggunakan pegangan dari bahan kayu, besi hollow bulat, baja, dll. Terkadang saya juga sering jumpai tangga yang tanpa railing, dan ini penting untuk diperhatikan, misalnya menjaga anak-anak yang ingin menaiki tangga, jangan sampai terjatuh karena tidak ada railingnya.

Ukuran pegangan railing tangga dengan ukuran diameter 3,8 cm merupakan ukuran yang bisa mengakomodasi sebagian besar ukuran tangan manusia.

Untuk kenyamanan pegangan tangga, perlu diperhatikan juga jarak antara railing pegangan tangga dengan jarak tembok, jarak 5 cm saya rasa sudah cukup.



Bordes :

Bordes biasa juga disebut Landing. Merupakan bagian dari tangga sebagai tempat beristirahat menuju arah tangga berikutnya. Bordes juga berfungsi sebagai pengubah arah tangga. Umumnya, keberadaan bordes setelah anak tangga ke 15.

Kenyamanan bordes juga perlu diperhatikan, untuk lebarnya harus diusahakan sama dengan lebar tangga.



Baluster :
Merupakan penyangga pegangan tangga, biasanya bentuknya mengarah vertical. Material baluster bisa terbuat dari kayu, besi, beton, juga baja. Terkadang juga saya pernah melihat material baluster menggunakan kaca.

Untuk keamanan dan kenyamanan pengguna tangga, usahakan jarak antar baluster tidak terlalu jauh, terutama untuk keamanan anak kecil.

Untuk ukuran ketinggian baluster, standarnya kurang lebih antara 90-100 cm.






Semoga artikel mengenai Tangga ini bermanfaat bagi teman-teman blogger, juga teman-teman Arsitektur.




salam hangat,

yudha

Membuat 3D Document Pada ArchiCAD 12

Setelah sekian lama tidak menulis tips dan trik ArchiCAD karena kesibukan saya akhir-akhir ini, kali ini saya akan memberikan tips bagaimana membuat 3D document pada ArchiCAD. Untuk tutorial ini, saya menggunakan ArchiCAD versi 12.

Pada software ArchiCAD, pengguna dimudahkan untuk membuat dokumentasi secara 3 Dimensi dengan mudah, tujuannya adalah agar gambar atau desain yang dihasilkan lebih lengkap baik dari ukurannya maupun detailnya. Pada tutorial ini, saya menggunakan objek tangga lengkap dengan keterangan mengenai elemen-elemen tangga. Dengan menggunakan 3D Document, kita bisa memasukkan keterangan gambar maupun ukurannya.


Untuk tutorial ini, seperti biasa untuk melihat gambar lebih jelas lagi, silahkan untuk meng-klik gambar tutorial untuk memperbesar (zoom).

Langsung saja :


Langkah pertama, buat objek misalnya tangga. untuk mempersingkat waktu, bisa langsung memanggil lewat menu Stair pada sebelah kiri toolbar. Misalnya pilih Stair L-shape 12. Lalu pilih ok.




Setelah itu, pilih generic perspective pada sebelah kanan toolbar, pilih dengan meng-Klik Kanan. Setelah di Klik Kanan, Maka akan muncul pilihan menu. Plilih saja New 3D Document.




Maka akan muncul jendela New 3D Document, isi Reference ID dan Name nya misalnya Tangga-1. Lalu pilih Create.




Setelah di create, maka secara otomatis object tangga tadi menjadi document 3D. bisa dilihat di sebelah toolbar kanan dengan nama Tangga-1.




Untuk membuat keterangan gambar atau juga keterangan ukuran bisa menggunakan Label pada toolbar sebelah kiri.





Sekian tutorial singkal ArchiCAD ini… semoga bermanfaat.



Salam hangat,

yudha

Kamis, 10 Juni 2010

AntiMalware dan AntiSpyware terpercaya untuk Laptop..!

Seperti kita ketahui… seiring perkembangan teknologi komputer dan komunikasi, terutama internet yang semakin maju pesat , begitu juga bahaya-bahaya yang diakibatkan oleh malcious software dalam hal ini virus, Trojan, spyware, rootkit, dan lain sebagainya juga semakin canggih dan sulit diketahui. Untuk itu diperlukan suatu software yang handal untuk menangkal dan membasmi bahaya pengganggu Malware tersebut.

Kadang Antivirus saja tidak cukup untuk membuat komputer anda lebih aman. pada sharing kali ini, software-software yang share sama sekali tidak menyebabkan bentrok dengan antivirus karena semuanya tidak menyertakan fitur realtime protector (scan secara otomatis).

Tujuan menggunakan software security adalah paling utama untuk melindungi data-data yang ada didalam komputer agar terhindar dari segala kemungkinan tercuri atau mungkin terhapus oleh ulah virus, spyware atau Trojan.


Seperti biasa, software yang saya rekomendasikan dan saya ulas adalah software freeware alias gratis. Pada kesempatan ini, saya akan sharing mengenai software tambahan sebagai pelengkap untuk prtahanan komputer atau laptop teman-teman blogger semua. Software yang saya sharing ini dijamin kualitasnya dan merupakan software baik-baik alias bukan software gak jelas.

Yang pertama adalah:


SpywareBlaster

Spywareblaster merupakan software antispyware dari javacool software yang menurut saya cukup bagus. Spywareblaster mempunyai 2 versi yaitu versi bayar dan versi gratisnya. Untuk versi gratis, hanya tidak mempunyai scanner otomatis, jadi kita dapat menggunakannya untuk perlindungan secara pasif.

Penggunaan spywareblaster cukup mudah dan sangat ringan memori, dan cocok sekali dengan semua antivirus yang anda punya tanpa saling bentrok. Untuk update, diharuskan terhubung secara online.





Spybot search & destroy

Nah ini dia software antimalware kesukaan saya. Saya sudah cukup lama menggunakan spybot ini. Kelebihan dari spybot adalah daya deteksi malwarenya yang cukup tinggi, dan software ini juga banyak dijadikan rekomendasi oleh banyak kalangan terutama security antivirus. Penggunaannya cukup mudah, juga terdapat fitur immunize untuk perlindungan secara pasif.

Untuk spybot ini, saya tidak menggunakan fitur real time protectornya, saya hanya menggunakan perlindungan untuk Internet explorer. Untuk penggunaan yang standar saja, anda tidak usah mensetting nya lagi , settingan default nya juga sudah cukup baik. Database malware nya juga cukup banyak. Spybot search & destroy cocok digunakan berbarengan dengan semua antivirus yang anda miliki. Untuk update, diharuskan terhubung secara online.

Download spybot search & destroy



Malwarebytes Antimalware

Merupakan salah satu antimalware yang cukup handal dan juga banyak dijadikan rekomendasi oleh banyak kalangan pemerhati security. Malwarebytes juga mempunyai 2 versi bayar dan gratisnya. Pada versi gratis juga cukup baik, hanya saja tidak ada realtime protectornya (mendeteksi secara langsung).

Database malwarebytes cukup besar. Terkadang, antivirus yang saya punya tidak bisa mendeteksi spyware atau Trojan tetapi dengan malwarebytes bisa terdeteksi. Penggunaannya juga cukup mudah dan hemat memori. Malwarebytes juga cocok digabungkan dengan antivirus yang anda punya tanpa menyebkan bentrok. Seperti biasa, update diharuskan online..

Download Malwarebytes Antimalware





Untuk membuktikan tulisan saya, saya juga memakai ketiga software tersebut didalam Laptop saya digabungkan dengan antivirus Avast yang saya punya.






Nah itulah sedikit sharing mengenai 3 software Antimalware & antispyware yang ada dilaptop saya. Anda bisa menggunakan salah satu dari ketiga software diatas, atau semuanya juga bisa dan boleh, tapi semua tergantung kebutuhan juga.

Sekedar mengingatkan….. hati-hatilah dengan software antivirus atau antimalware/spyware yang tidak jelas asal usulnya. Untuk ketiga software diatas, saya rekomendasikan ….!! Bagus dan mantap!

Satu lagi, jangan membuka situs-situs yang belum dikenal karena banyak situs website yang isinya mengandung malware.. dan update lah Antivirus yang anda miliki.






Salam hangat,
yudha