This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Jumat, 20 November 2009

Membuat Dinding di Bawah Tangga Pada Archicad

Adakalanya pada waktu kita membuat sebuah tangga, lalu kita ingin menutup celah ruang kosong yang berada dibawah tangga dengan menggunakan wall/dinding pada archicad, dapat dengan mudah dibuat menggunakan satu tools pada archicad.

Pada tutorial kali ini, saya akan membuat bagaimana caranya membuat dinding di bawah tangga. Seperti diketahui, tangga merupakan objek penting di dalam sebuah bangunan, dengan tangga kita dapat menghubungkan satu lantai dengan lantai lainnya. Tangga juga merupakan objek interior yang perlu diperhatikan. Adanya ruang kosong dibawah tangga, sebenarnya dapat di manfaatkan, misalnya dengan membuat sebuah tempat seperti untuk penyimpanan sesuatu barang. Ada juga yang menutup ruang kosong dibawah tangga dengan berbagai alasan.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan archicad versi 11 dan menggunakan contoh layout 2D dan 3D dari tugas saya. Untuk lebih jelas mengenai gambar yang saya sediakan, klik saja untuk memperbesar gambarnya..

Langsung saja:



Sebelumnya, buat/tampilkan dahulu objek tangga nya, bisa diambil dalam library archicad. Pilih salah satu objek tangganya.






Pada layout contoh layout tutorial, saya membuat suatu denah seperti pada gambar 2D dan 3D diatas, lalu saya memasang wall/dinding pada kanan dan kiri dari tangga tersebut, yang nantinya akan ditutup dengan wall/dinding.





Untuk memulai, terlebih dahulu klik objek tangga nya, lalu pilih design pada menu toolbar atas, lalu pilih Solid Elements Operations.






Lalu akan muncul jendela Edit Targets and Operators seperti pada gambar diatas. Setelah itu, pilih dahulu wall/dinding yang akan di Modifikasi secara bersamaan dengan menekan tombol SHIFT pada keyboard , pada gambar ada 4 objek wall. Setelah dipilih objek wall nya, pilih Get Target Elements. Dalam hal ini, objek wall di jadikan target element yang akan di modifikasi. Terlihat pada gambar, ada 4 Target Element Stored.






Setelah selesai pada objek wall nya, selanjutnya pada objek tangga nya. Pilih objek tangga, lalu pada Edit targets and Operators, pilih Get Operators Elements. Terlihat pada gambar, ada 1 Operator Elements Stored.






Setelah itu, pada choose operations, pilih Substractions with upwards extrusion.








Lalu pilih Execute..!! , terlihat pada gambar diatas, hasilnya….. objek wall yang sebelumnya dibuat, otomatis terpotong mengikuti objek tangga.





Semoga tutorial ini bermanfaat bagi yang mengunjungi blog saya ini...

Senin, 16 November 2009

Malwarebytes’ Anti Malware

Kali ini saya ingin sharing kepada teman-teman blogger mengenai salah satu tools software security, yaitu Malwarebytes’ Anti Malwar (Mbam). Saya sebenarnya sudah mengetahui tentang software Mbam ini sudah lama, dan saya pernah memaakainya dulu, tapi saya lupa versi berapa nya.

Beberapa minggu yang lalu saya tertarik untuk mencoba mendownload Mbam versi freewarenya, dan saya lalu meng-installnya di laptop saya. Sebelum mencoba men-scan, terlebih dulu saya meng-update secara online lewat SMART Modem. Setelah selesai saya men-scan secara Full-scan. Lalu tiba-tiba Mbam ini mendeteksi suatu malware yang berada di registry. Perlu diketahui juga, saya sering menggunakan laptop saya ini untuk online. Setelah selesai, saya lalu meng-karantina objek malware yang terdeteksi mbam ini. Kemungkinan, malware yang terdeteksi ini lolos dari scan antivirus dan antispyware yang saya punya.

Ternyata, cukup bagus juga kinerja Mbam ini, saya berpendapat, Mbam sangat cocok untuk tambahan security untuk komputer/laptop kita, terutama bagi yang sering online. Dari beberapa milis/forum mengenai security computer yang saya baca, mbam ini termasuk software yang di rekomendasikan.

Software ini, terdiri atas dua versi, yaitu versi purchase/berbayar dan versi freeware/gratis. Untuk laptop saya ini, saya menggunakan yang versi free nya, yang juga menurut saya cukup baik meskipun tidak ada real time protectornya. Berikut saya mencoba untuk sedikit mereview beberapa fitur dan tampilan dari Mbam:


Ini merupakan tampilan awal dari Mbam ketika kita membuka programnya, tersedia opsi untuk men-scan, yaitu quick scan dan full scan. Rekomendasi saya, gunakan saja opsi full scan untuk mendapatkan hasil yang baik, siapa tahu ada malware yang bersembunyi secara diam-diam.





Screen shot ini memperlihatkan check for updates. Mbam dapat di update database malwarenya secara online. Ukuran file downloadnya pun cukup kecil, kurang lebih 3 mb. Updatenya menurut saya cukup cepat, tapi tergantung juga koneksi yang kita miliki.





Ini merupakan settingan yang dapat kita rubah/inginkan, seperti scanning objek, context menu, terminate explorer, dan lainnya. dan settingan bahasa yang ingin diterapkan.





Ini adalah screen shot karantina. Untuk malware/virus yang ter-deteksi, lebih baik di karantina terlebih dahulu. Pada screen shot diatas juga terlihat objek malware yang ditemukan di laptop saya, yang berada pada registry, saya pun meng-karantina nya.

Rekomendasi saya, sebelum meng-karantina objek malware yang ditemukan, alangkah lebih baik jika sebaiknya mem-backup registry kita terlebih dulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah selesai meng-karantina objek yang ditemukan, Mbam akan menyuruh kita untuk merestart komputer.





Kita juga dapat men-scan dengan klik kanan, seperti pada screen shot pada laptop saya diatas, saya meng-aktif kan context menu pada settings.







Itulah software Malwarebytes’ Anti Malware (Mbam), yang menurut saya sangat cocok untuk menambah keamanan security computer kita, terkadang satu antivirus saja tidak cukup, oleh karena itu, tambahkan saja pelengkap security seperti Mbam ini. Dan sama sekali tidak menyebabkan bentrok dengan antivirus yang kita miliki.




Semoga tips, sharing, dan review software ini bermanfaat….


Download: http://www.malwarebytes.org




Thanks to:
Milomen , http://Milomenz.blogspot.com

Kamis, 12 November 2009

Membuat Grid Dalam Archicad

Ketika kita ingin membuat suatu denah, terkadang kita membutuhkan grid. Pada layout denah, grid berfungsi untuk mempertegas garis. Pemakaian grid ini juga tergantung kebutuhan masing-masing pengguna archicad. Terkadang dengan adanya grid, kita dapat mengatur besaran dari suatu denah yang terbagi dalam modul-modul grid dalam layout. Dalam tutorial singkat kali ini, saya akan memberikan settingan grid dalam archicad. Untuk tutorial ini saya menggunakan archicad versi 11,
Langsung saja:


Buka settingan Grid pada view, pilih Grid Option, lalu pilih Grid & Background.





Setelah di klik pada gambar yang diatas, maka akan muncul Grid &Background. Lalu ubah saja parameternya, ubah menjadi 50 saja. Sebenarnya jumlah spacing pada main Grid tergantung kebutuhan , bisa juga 100, 200, atau 300. Untuk lebih mudah nya, pakai saja grid dengan jarak 50. Untuk settingan lainnya, dibiarkan standar saja. Setelah itu klik ok.





Setelah selesai men-setting grid & background, lalu jangan lupa aktifkan snap grid, diklik. Setelah itu, grid pada layout akan aktif membentuk grid dengan ukuran 50. Pada tutorial ini, skala yang digunakan adalah 1:100, maka tiap grid adalah ukurannya 50 cm.





Ini adalah hasil settingan yang sudah dibuat tadi. Terlihat, ukuran garisnya pas diangka 50. Jadi per tiap grid jaraknya adalah 50 atau 50cm. sekali lagi untuk ukuran grid, tergantung kebutuhan juga, bisa saja tiap grid jaraknya 300, 400, 500, bahkan 600 atau lebih, jadi tergantung kebutuhan.





Sekian tutorial singkat archicad kali ini, semoga bermanfaat…. Tentunya bagi pengunjung setia blog saya ini.. ok.

Selasa, 10 November 2009

Fasad Aksen Warna Memancing Minat Beli

Beberapa hari yang lalu saya membaca majalah IDEA, yaitu majalah tentang ide kreatif seputar rumah. Saya memang berlangganan majalah IDEA ini setiap bulannya. Ada yang menarik dalam salah satu artikelnya yaitu mengenai Fasad Aksen Warna Memancing Minat Beli. Berikut Artikelnya, DISERTAI DENGAN CONTOH KASUS OBJEK SAYA SENDIRI.


Fasad memegang peranan penting dalam menampilkan figur bangunan. Ia menjadi image untuk penjualan rumah. Fasad yang memiliki daya tarik bisa memancing minat beli masyarakat, selain faktor lokasi dan harga.



Maka tak heran jika para pengembang mempercantik tampilan fasad dengan bentuk yang menarik dan permainan warna yang menggoda. Bentuk atap yang umumnya pelana kuda dengan penutup pipih dikombinasikan dengan bidang dinding yang diberi garis dekorasi cantik. Dekorasi itu bisa berupa garis-garis vertical atau horizontal pada dinding, permainan material ekspos, bentuk bukaan, kolom, dan kanopi, juga warna.


Warna disini berupa warna aksen atau warna kontras. Aplikasinya hanya pada sebagian kecil dinding, tapi disisi yang terlihat jelas. Beberapa pengembang juga menampilkan rumah dengan permainan lebih dari dua warna. Warna-warna itu dipadankan pada wajah fasad, sehingga tercipta tampilan yang semakin memikat.


Contoh fasad yang menarik bisa dilihat pada rumah contoh di perumahan serpong terrace, tangerang. Fasad tipe rosemary, salah satunya memiliki bentuk atap kombinasi pelana dan sandar. Dindingnya dilabur putih dan abu-abu. Kusen jendela dan pintu pun putih. Daya tariknya adalah aksen warna ungu yang segar pada dinding bergaris-garis horizontal.




Hampir mirip dengan fasad tipe rosemary, tapi atapnya miring yang dilengkapi kanopi. Ini fasad tipe savory diperumahan yang sama. Beda lainnya adalah aksen warna kuning.


Kedua tipe rumah itu memiliki taman kecil berumput dibagian depan, dengan tanaman pengisi jenis perdu yang hijau segar. Disisi lain taman dibuat carport, yang ditutup cor beton.




Pada rumah kos-kosan yang saya desain sendiri juga menonjolkan fasad dengan aksen warna merah geranium, dengan salah satu alasan menarik orang untuk melihat bangunan kos-kosan, dengan warna merah yang berarti meng-intimidasi. Terlebih letak bangunan ini berada di depan jalan besar yang lalu lintasnya cukup ramai. Saya juga memperhatikan orang yang sedang naik kendaraan, misalnya motor, ketika melintas pandangan meraka tertuju melihat bangunan kos-kosan ini.




Pada bangunan rumah saudara saya, juga tampak depan terlihat adanya fasad menggunakan besi yang dilapis cat hitam dof dan warna merah geranium. dengan fasad dan aksen warna merah hitam tersebut, rumah saudara saya tampak beda diantara rumah disekitarnya, yang saya lakukan hanya mengganti tampak depan dengan fasad dari besi canal C. untuk pembahasan mengenai rumah ini, yang jg merupakan Project pertama saya, dilain waktu saya akan membahasnya.


Saya juga sering ke daerah tambun, bekasi , orang tua saya mempunyai rumah disana, saya melihat beberapa rumah real estate disana juga menerapkan fasad dengan aksen warna yang memikat, tentu ini merupakan strategi dari para pengembang untuk menarik para pembeli.





Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang mengunjungi blog sederhana saya ini,





Referensi & Thanks to:
Majalah IDEA Edisi 70/VI/2009 http://www.ideaonline.co.id


Foto-foto:
-IDEA
-Foto Pribadi

Rabu, 04 November 2009

Tips Singkat Archicad lagi...

bagi yang menggunakan archicad, mungkin saja menemui peringatan tersebut, mengapa ini bisa terjadi?, berikut screen shotnya.....




ini terjadi biasanya ada library yang tidak terdapat dalam archicad di komputer kita. mungkin sebelumnya, kita mengerjakan desain di tempat lain, lalu ketika membukanya di tempat/komputer sendiri, akan muncul seperti gambar diatas...

hal ini tidak menjadi masalah... klik Done saja...

Settingan Lightworks Standar Pada Archicad

Untuk mendapatkan hasil desain yang lebih meyakinkan dan mendekati realita, kita harus melakukan Rendering dalam format gambar. Dalam arhicad kita bisa menyimpan hasil rendering dalam beberapa Format gambar, misalnya dalam format JPEG, TIFF, ataupun PNG.

Untuk tips singkat kali ini, saya menulis settingan pada Lightworks. Lightworks sendiri merupakan engine rendering pada archicad yang kualisnya juga cukup baik, apabila settingannya benar akan tercipta hasil rendering yang cukup memuaskan. Pada tips kali ini, saya hanya menerangkan beberapa settingan standar yang biasanya digunakan tanpa perlu men-setting material ataupun cahaya lainnya. Langsung saja:



Untuk menampilkan settingan lightwork, pilih document, pilih creative imaging, lalu pilih photorendering settings




Maka muncul kotak photorendering settings. Pilih lightworks, ubah size ukuran gambar, makin besar makin bagus. Ubah resolusinya, lalu settingan sun nya, rubah ke Realistic Sun.




Setelah settingan Lightworks selesai, lalu pilih settingan background. Gunanya menampilkan banckground awan pada hasil desain. Untuk itu pilih picture untuk memilih awan/cloud yang diinginkan. Lalu klik ok.






Tips singkat ini smoga bermanfaat bagi yang mengunjungi Blog saya ini. kalau tak ada aral melintang, saya usahakan setiap bulannya saya akan memberian beberapa Tips Tutorial Archicad, jumlahnya bisa 3 atau 4 postingan.

oleh karena itu.... Kunjungilah selalu log saya ini... karena Didalamnya ada hal-hal menarik selain Tips Tutorial Archicad....Tapi juga yang berkaitan dengan komputer atau pun hal menarik yang lainnya.... ok..!!

Settingan Objek Windows Pada Archicad

Pada tutorial archicad kali ini, saya akan memberikan tips mengenai beberapa settingan pada objek windows yang biasanya dirubah. Sebenarnya untuk merubah settingan pada objek jendela, tergantung kebutuhan sampai mana yang akan kita butuhkan. Pada archicad terdapat objek-objek standar yang sangat melimpah, kita bisa meng-editnya dengan banyak pilihan. Untuk tips kali ini, archicad yang saya gunakan versi 11, bagi yang memakai versi yang terbaru, saya rasa masih relevan, intinya sama saja.

Windows merupakan komponen yang sangat vital dalam sebuah hunian. Jendela juga merupakan bagian untuk sirkulasi udara dalam hunian, dan tak hanya itu, windows pun dapat menunjukkan identitas dari bangunan/hunian yang kita punya.

Langsung saja, untuk memanggil objek windows, arahkan mouse pada kiri toolbar archicad disebelah kiri. untuk penjelasannya, saya tidak terlalu banyak menjelaskan lebih rincinya, silahkan lihat gambar saja...


Pada toolbar sebelah kiri, klik Windows, lalu pada sebelah atas, klik settingan windows default setting, maka akan muncul windows default setting seperti pada gambar diatas.
Setelah itu pilih Parameter untuk mengatur settingan jendela. Untuk melihat priview ketika disetting, pilih saja tampilan 2D atau 3D seperti gambar diatas.




Pada pengaturan detail 2D, Pilih skala 1:50 agar terlihat lebih detail. Lalu rubah preview tampilan nya ke 2D.
























Itulah beberapa settingan jendela/windows yang biasa nya disetting. Sebenarnya settingan ini tak harus hanya settingan diatas saja, disesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan. Mungkin saja Ada beberapa settingan lain yang bisa digunakan.

Senin, 02 November 2009

Pentingnya Security Update

Serangan yang menyangkut masalah security computer semakin lama semakin menghawatirkan, dan masalah ini hampir selalu mengincar windows. Hal ini karena, tidak ada system operasi lain yang paling banyak digunakan di seluruh dunia ini selain Microsoft windows.Dari berbagai macam serangan seperti virus, Trojan, worms, spyware, rootkit, dialers, juga serangan internet lainnya. Untuk menghadapi masalah security ini semua, antivirus maupun firewall saja tidak cukup, karena windows mungkin saja terdapat celah-celah keamanan yang belum tertutupi, oleh karena itu dibutuhkan update perbaikan terhadap celah-celah keamanan.

Hal ini bisa kita lakukan dengan menjalankan patch atau juga dengan menjalankan service pack dan update yang dikeluarkan oleh Microsoft, biasanya Microsoft akan mengeluarkan patch update apabila ditemukan celah-celah keamanan yang belum terdeteksi.


Anda mungkin masih ingat dengan kasus yang akhir-akhir ini sangat meresahkan pengguna internet diseluruh dunia, tak terkecuali pengguna di Indonesia pun mengalaminya, yaitu virus conficker atau downadup…. , virus conficker adalah virus internet yang sangat cepat sekali penyebarannya, kebanyakan computer yang terinfeksi adalah computer yang belum mempunyai patch update untuk menutupi celah keamanan pada windows yang terbuka. Untuk itu, disaran kan melakukan patch update dengan cara online maupun offline. Untuk computer yang sering online, disarankan meng-aktifkan automatic update, agar windows akan secara otomatis melakukan update. Pada start – setting – control panel – automatic update.






Pada windows saya, saya selalu meng-aktifkan automatic update secara otomatis, berikut service pack dan patch update yang secara otomatis terupdate di windows saya.
kebetulan windows xp yang saya gunakan adalah original equipment (OEM)




semoga infonya bermanfaat yah....

Bulan Jadi Blog

Tak terasa tepat bulan November ini genap setahun saya membuat sebuah blog sederhana ini. Saya lupa hari pastinya, tapi yang pasti bulan ini tepatnya. Awal mula saya membuat blog ini adalah keingin tahuan mengenai apa itu blog? Setelah saya membaca sana-sini, browsing, baca buku referensi mengenai blog, saya akhirnya membuat blog. Tentu saja, dengan harapan apa yang saya tuangkan, apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi saya sendiri maupun bagi orang lain yang kebetulan mengunjungi blog saya ini.


Pertama kali membuat blog, saya merasa bingung, tak tahu harus mulai darimana, akhirnya saya mencoba membeli sebuah buku di sebuah pusat toko buku terbesar dijakarta. Lalu saya pun mempraktekkan apa yang ada dalam buku referensi membuat blog tersebut. Akhirnya setelah beberapa kali meng-edit sana-sini, jadi juga blog saya ini, sangat sderhana sekali, dengan theme yang standar. Tak hanya dari buku, saya juga mencoba browsing, diantaranya bagaimana caranya membuat blog yang baik, cara menaikkan ranking blog, meng-edit theme,. Saya juga bertanya kepada teman saya yang sudah membuat blog…. Akhirnya blog saya jadi yang seperti ini, dengan thema yang bagi saya sangat sederhana.



Pada awal-awal membuat blog, tak pernah sedikitpun saya berpikir untuk bagaimana supaya blog saya ini menjadi terkenal, atau bagaimana caranya supaya blog saya ini menarik banyak orang untuk berkunjung. Yang ada di benak saya saat itu, hanya ingin membuat blog…itu saja. Dan saya ingin membuat suatu tutorial mengenai software archicad yang siapa tahu dapat berguna dan menambah wawasan bagi blogger lain yang mengunjungi blog saya ini. Saat ini saja, ketika tulisan ini saya buat, ranking alexa saya di kisaran 1,6 juta, pageranknya 1, dan link in nya 6. Padahal saya telah membuat blog ini sampai berusia 1 tahun.


Sampai saat ini, isi dari blog saya ini bermacam-macam, seperti tips-trik archicad, review software, tips-trik security computer, dan curhat. Dalam beberapa kesempatan, saya memasukkan artikel dari blog lain, yang sebelumnya saya meminta ijin dulu kepada penulis aslinya. Untuk criteria artikel dari blog lain yang saya masukkan adalah yang saya anggap menarik, unik,bermanfaat, dan sangat berguna bagi semua.


Ada satu hal yang menjadi ciri khas dari blog saya ini adalah cara penyampaian suatu objek, masalah, review, saya selalu banyak menampilkan gambar-gambar atau foto-foto lengkap dengan penjelasan di bawahnya. Hal ini dimaksudkan agar blogger atau pembaca yang mengunjungi blog saya ini dapat dengan jelas membaca apa yang saya posting, juga dengan lebih banyaknya gambar atau foto pada suatu artikel, maka suatu artikel seperti lebih hidup dan mengandung arti.


Seperti pada tips-trik archicad, saya membuat artikel dengan cara yang saya bisa sendiri, dan apa yang saya tulis adalah hasil kreasi saya sendiri tanpa meng-copy paste atau menjiplak dari blog atau web lain. Pada artikel archicad ini, saya menampilkan cara-cara yang sederhana lengkap dengan gambar-gambar secara step by step, dengan harapan dapat dimengerti dan dapat dipahami. Karena bagaimanapun juga, dengan objek visual akan lebih dimengerti.




Lalu pada review software , tips-trik computer, dan curhatan saya,…. Saya juga menampilkan dengan tambahan visual gambar atau foro-foto. pada review software, saya mencoba untuk menuliskan segala fitur atau keunggulan atau juga kelebihan dari software yang saya review. Dan beberapa diantaranya software tersebut sudah saya pergunakan, jadi saya benar-benar tahu apa keunggulan dan kelemahan dari software yang saya review.. begitu juga untuk tips computer dan curhatan saya seputar sesuatu yang saya anggap menarik.




Untuk itu, saya berharap, apa yang saya berikan dapat bermanfaat bagi saya sendiri maupun orang lain… walaupun saya masih newbie, mudah-mudahan apa yang saya posting bisa membantu atau memberi inspirasi bagi yang mengunjungi blog saya ini...

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua yang telah membantu saya membuat blog sederhana ini.