This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Rabu, 28 Oktober 2009

Merchandise Avast Antivirus

Avast Antivirus sudah cukup dikenal sebagai salahsatu antivirus terbaik dunia. tingkat deteksi virusnya juga tinggi. saya pun menggunakan Avast di komputer PC dan Laptop saya untuk melindungi dari serangan virus, spyware, trojan, dan malware lainnya.

Menurut saya, Avast adalah antivirus yang memiliki keunikan dibandingkan dengan antivirus terkenal lainnya, diantara keunikan tersebut adalah, bilamana Avast mendeteksi suatu virus, maka Avast akan mengeluarkan warning berupa suara seperti robot, ketika selesai mengupdate juga demikian, lalu Avast memiliki skin tampilan Antivirus yang bisa dirubah-rubah semau kita, tentunya dengan mendownload dulu di situsnya. lalu, yang lebih uniknya, Avast mempunyai merchandise yang dijual untuk umum, merchandise ini terdiri dari diantaranya kaos, sweater, topi, mug gelas, jam dinding, bantal, mouse pad, boneka, pin, tas, dan masih banyak lainnya..


gambar-gambar merchandisenya pun bisa di perbesar, di large. Berikut saya sertakan beberapa Merchandise dari Avast, silahkan copy paste di komputer anda....


















Untuk lebih jelasnya, kunjungi Merchandise Avast di:
http://www.cafepress.com/avast/

Melepas Penat Di Danau Sunter

saya ingin cerita nih...Ada satu tempat didaerah sunter Jakarta utara yaitu danau sunter, saya seringkali ketempat ini untuk sekadar melepaskan penat sehabis kuliah, lagi suntuk, juga iseng melihat orang yang sedang mancing. Danau sunter ini cukup luas, berfungsi juga sebagai daerah serapan air di daerah sunter. Danau sunter lokasinya sangat strategis, berada di tengah pemukiman dan perkantoran.

Kualitas air nya pun cukup baik. Danau ini juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan PON pada cabang olahraga air. Waktu kecil saya sering mancing didanau ini bersama teman-teman dan adik saya, walaupun jarang mendapatkan ikan, tetapi saya betah berlama-lama di danau ini. Semilir udara danau yang menyegarkan, ditambah rerimbunan pohon di sepanjang bibir danau menambah keasikkan untuk berlama-lama didanau.

Ditempat ini juga ada penjual kelapa, saya kalau ketempat ini sering membelinya dan meminumnya ditempat. Danau ini juga menjadi tempat kenangan indah bagi saya, karena saya bertemu pacar saya di tempat ini he..he…he..

Disekitar danau sunter ini juga terdapat kafe dan restoran, saya lupa apa nama kafe tersebut, karena saya juga tidak pernah ke kafe tersebut. Juga terdapat sebuah hotel yaitu hotel sunlake danau sunter. Di sekitar danau sunter kita bisa memancing ikan secara gratis, tapi apabila kita ingin mancing ditempat penyewaan mancing, disana juga ada tempat khusus memancing yang bayar. Untuk yang ingin berduaan dengan pacar, terdapat penyewaan perahu air yang berbentuk bebek yang penggunaannya dengan cara di kayuh seperti sepeda.


saya ada beberapa foto Danau sunter, saya mengambilnya kira-kira setahun yang lalu pada saat saya sedang surver lokasi untuk tugas saya di sekitar danau Sunter...


Danau sunter ini juga pernah dipakai untuk tempat kejuaraan nasional PON..




ini adalah hotel sunlake yang berada di dekat danau sunter. hotel ini mempunyai view yang bagus, menghadap danau sunter.




Terdapat beberapa restoran dan kafe di sekitar danau, menjadikan danau sunter ini semakin hidup karena beragam aktivitas terdapat disekitarnya.




Terdapat penjual Kelapa Muda di pinggiran danau sunter, kita bisa menikmati pemandangan danau dan semilirnya angin danau sambil menikmati kelapa muda.. oh.. segarnya..




Jalan lalu lintas disekitar danau, umumnya tidak terlalu padat..

Senin, 26 Oktober 2009

Rumah Kos-Kosan

Rumah kos-kosan beberapa tahun belakangan ini sangat populer di daerah kampung saya yang terletak di daerah subang, jawa barat. Seiring banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri disekitar perkampungan warga, maka banya warga yang mendirikan bangunan kos-kosan, yang disana lebih dikenal dengan nama petak. Rumah kos-kosan ini sangat dibutuhkan oleh para pekerja pabrik, yang kebanyakan adalah perempuan.

para pemilik pabrik disana, yang kebanyakan adalah pabrik tekstil lebih diutamakan pekerja perempuan dibanding laki-laki. Secara tidak langsung, keberadaan pabrik-pabrik tersebut membawa keuntungan bagi warga sekitar terutama yang rumahnya berada tidak jauh dari lingkungan pabrik untuk mendirikan bangunan kos-kosan atau juga bangunan yang menyediakan makanan dan minuman untuk para pekerja pabrik yang biasanya pada waktu istirahat mereka akan membeli makanan diluar pabrik.

Untuk itu, orang tua saya pun membangun sebuah kos-kosan yang dengan beberapa kamar. Kos-kosan tersebut dibangun diatas lahan rumah orang tua saya tepatnya di depan rumah dengan luas sekitar 1000m2. Lokasi kos-kosan yang sekarang sudah hampir selesai inipun berada cukup strategis, berada di pinggir jalan yang lalu lintasnya cukup ramai.

Pada bagian depan kos-kosan, tidak akan disewakan, karena untuk digunakan untuk menginap, sehingga yang akan disewakan berjumlah tiga kamar saja. Pada bagian depan, luas kamarnya lebih besar daripada kamar kos-kosan yang disewakan.


Saya mengambil beberapa foto ketika saya kesana:


Ini merupakan tampak depan dari kos-kosan, dengan aksen warna merah pada dinding depan rumah, menjadikan kos-kosan ini menarik perhatian orang yang melintas. Warna cat yang digunakan untuk kos-kosan sengaja tidak menggunakan cat yang mencolok ini untuk member kesan simpel dan open. Antara rumah paling depan dengan kos-kosan di batasi dengan sebuah pagar kecil.




Ini adalah tampak samping dari kos-kosan yang menghadap kearah selatan. Pada waktu siang hari, akan terasa tidak panas. Penggunaan kusen pada pintu dan jendela memakai kayu yang cukup baik, karena untuk menjaga agar tahan lama. Dengan memakai cat pelapis anti rayap seperti Pinoguard memungkinkan kusen terjaga dari serangan rayap. Material rangka pada plafon menggunakan besi kanal C yang dilapisi cat anti karat seperti zinc chromat.





Jalan menuju rumah dan kos-kosan menggunakan material paving block. Kelak didepan kos-kosan itu, pada foto disebelah kiri akan dibangun juga kos-kosan sejenis.
Kos-kosan ini terletak di jalan yang sangat strategis, yaitu di jalan kalijati-Purwadadi





Rumah Aki (kakek) saya terletak di belakang dari kos-kosan tersebut. Rencana nya rumah itu juga akan disewakan.kos-kosan ini pada waktu saya foto ini sebenarnya masih sedang dalam tahap pembangunan, ada beberapa item yang belum dikerjakan seperti pemasangan titik lampu, talang air, juga finishing cat interior.



Begitulah cerita tentang fenomena rumah kos-kosan di kampung saya di Subang-Jawa Barat. Lain waktu saya akan menulis lagi ketika pembangunan kos-kosan ini sudah rampung.

Defrag Hardisk Yuk..

Setiap hari kita selalu tidak jauh dari computer PC atau Laptop. Banyak kegiatan yang dilakukan seperti mengetik, saling tukar data, copy paste, menukar satu folder ke folder lainnya, bermain game, danlainnya, sehingga tak terasa computer kita apabila membuka suatu folder akan terasa lebih lama, dan windows seperti mencari-cari folder yang kita maksud. Apabila seperti ini semakin lama dibiarkan saja, maka computer bisa saja menjadi hang (error).

Hal semacam ini bisa diatasi dengan cara men-Defrag hardisk. Tujuan dari defrag hardisk tersebut adalah untuk merapikan susunan-susunan file, folder pada tempatnya , juga bisa menjaga agar hardisk kita menjadi lebih awet.

Kegiatan defrag hardisk ini bisa dilakukan kapan saja. Rekomendasi saya, defrag lah hardisk seminggu atau dua minggu sekali, tetapi itu semua tergantung pada pemakain masing-masing pengguna.

Perlu diketahui ketika sedang men-defrag hardisk, kita jangan membuka program lain karena ini bisa mengganggu proses defrag yang dilakukan. Pada windows terdapat tools yang bisa digunakan untuk men-defrag hardisk, yaitu: Disk defragmenter.


Tools disk defragmenter ini bisa di akses pada menu start-program-accessories-system tools-disk defragmenter.


Penggunaannya sangat mudah, pertama-tama pilih drive mana yang akan di defrag, setelah itu pilih menu Defragment, maka secara otomatis, windows akan melakukan proses defrag.



Selain menggunakan tools bawaan windows, ada jiga software untuk defrag hardisk yang cukup bagus menurut saya, dan software ini saya rekomendasikan untuk digunakan. Software ini adalah Smart Defrag dari IObit.com


Tampilannya mudah dipahami , dengan hanya beberapa klik, secara otomatis smart defrag akan melakukan defragmenter hardisk.





Kita bisa men-setting jadwal defrag secara otomatis, sehingga kita tidak perlu lagi memikirkan kapan waktu untuk men-defrag hardisk.




Beberapa settingan bisa diatur melalui menu option ini, seperti secara otomatis akan muncul pada saat start-up windows, menggunakan teknologi smartsilent pada saat men-defrag, dll.




Ada pilihan untuk memilih konfigurasi cara men-defrag, yaitu hanya defrag saja, defrag dengan optimisasi yang cepat, dan defrag dengan optimisasi yang mendalam. Pada smart defrag ini, kita tak perlu lagi menunggu sampai proses defrag selesai, kita bisa men-centrang turn off computer after defragment , yang secara otomatis akan melakukan shut down apabila proses defrag telah selesai.


Setelah selesai defrag hardisk, lalu Restart computer, setelah itu hidupkan kembali…. Maka kita akan merasakan perubahan dengan cepatnya computer mencari atau membuka file atau folder yang kita cari.


Mungkin cara men-defrag hardisk ini sudah banyak yang mengetahui, tapi saya mencoba untuk berbagi pengalaman menggunakan software sejenis yang lebih powerfull, juga mengingatkan supaya secara rutin men-defrag hardisk, agar data file / folder kita dapat diakses dengan baik.

Minggu, 25 Oktober 2009

Copy Objek Dengan Multiply Pada Archicad

Dalam archicad, kita bisa memperbanyak objek yang kita buat dengan mudah. Pada tips singkat archicad kali ini, saya akan mencoba cara yang sangat mudah untuk memperbanyak objek dengan Multiply.

Keuntungan dari memperbanyak objek dengan multiply ini, agar kita tidak perlu membuat dari awal suatu objek atau objek yang kita dapat dari library. Dengan multiply ini, kita dapat mempersingkat waktu dalam memdesain. Dalam artikel singkat kali ini saya menggunakan archicad 11. Untuk archicad versi terbaru pun dapat dilakukan, karena prinsipnya sama saja.


Berikut cara penggunaan Multiply:


Contohnya, masukkan objek ke layout. Objek bisa didapat di Object pada sebelah kiri menu. Pada gambar diatas, saya menggunakan contoh objek mobil.




Setelah muncul objek, pilih tanda titik di sudut kanan objek. Terserah mau pilih yang mana, sama saja. Lalu setelah di klik tanda titik tersebut, maka akan muncul 6 kotak menu, seperti gambar diatas. Lalu pilih tanda multiply, seperti yang pada gambar, saya tandai dengan tanda panah.





Setelah meng-klik tanda Multiply, maka akan muncul tampilan multiply, seperti pada gambar diatas. Pilih action nya adalah Drag. Lalu pilih increment, lalu masukkan berapa jumjah yang akan kita copy. Lalu klik Ok.





Setelah klik ok, maka akan seperti gambar diatas, lalu pilih dengan cara di geser kearah kanan, lalu lepaskan klik-an mouse.





Maka hasilnya akan seperti ini.




Semoga tutorial archicad yang singkat ini bermanfaat.... terima kasih..

3 Software Pembuat Windows Sehat

Seringkali kita mengeluh mengapa performa windows yang kita miliki lama-kelamaan semakin menurun saja, tidak secepat atau tidak sesegar seperti dulu sewaktu pertama kali membeli komputer yang dipakai. Banyak sesuatu yang bisa menyebabkan mengapa komputer kita menurun performanya, seperti banyak nya sisa sampah di recycle bin, sisa history sehabis ber-internet, pernah terkena virus yang menyebabkan settingan registry berubah, dan banyak lainnya.

Untuk membuat computer secepat dan selincah seperti dulu, ada beberapa software yang dapat digunakan. Software-software ini merupakan software yang bisa kita dapatkan secara gratis atau freeware. Mengapa saya merekomndasikan software freeware? Ya… karena daripada menggunakan software illegal (hasil crack) atau bajakan, lebih baik menggunakan software free atau gratis tetapi legal (resmi). Ada 3 software yang saya rekomendasikan, dan perlu diketahui saya sendiri menggunakan software ini sudah cukup lama, dan saya merasakan manfaat dari software tersebut. Penggunaan ketiga software tersebut sangat mudah dan dapat dimengerti.

Ketiga software yang saya rekomendasikan ini cukup dikenal didunia maya, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya download. Beberapa situs download yang menyediakan software tersebut adalah diantaranya, download.com, softpedia, dan filehippo. Perlu diingat, jangan sekali kali men-download dari situs yang tidak jelas, karena berpotensi mengandung malware.


3 software tersebut adalah:


Ccleaner merupakan software cleaner yang sangat berguna untuk membersihkan sisa-sisa junk file/sampah file yang ada di recycle bin, dan juga history sehabis menjelajahi internet. Penggunaanya cukup mudah, hanya dua kali klik, computer anda akan bersih dari segala macam file-file yang sudah tidak berguna.




Dengan EFRC ini, kita bisa membersihkan sisa-sisa registry atau registry yang bermasalah, yang menyebabkan computer kita terasa lambat. Penggunaannya pun sangat mudah. Dengan EFRC ini, computer akan terasa lebih ringan, sesuai dengan mottonya yaitu to improve PC performance.




Dengan Advanced Systemcare (ASC), kita bisa mendapatkan banyak fungsi dengan 1 software. Penggunaan ASC sangat mudah dengan hanya satu kali klik, bisa menyelesaikan masalah yang ada pada windows. Pemakai usernya sangat banyak, dan menjadi software yang banyak direkomendasikan.



Itulah 3 software yang menurut saya sangat bermanfaat, terlebih lagi jika dilihat dari segi harganya, GRATIS….

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel-artikel saya sebelumnya, saya bisa mereview software yang saya publish ini berdasarkan pengalaman saya menggunakan software tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai ketiga software tersebut, bisa dilihat di artikel saya yang sebelumnya, karena saya sudah me-review ketiganya dengan cukup lengkap, disertai penjelasan fungsi-fungsi dari ketiga software tersebut.

Ketiga software tersebut sangat ramah resourches memori komputer, tidak memberatkan komputer kita sama sekali, ukuran installan nya pun cukup kecil

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi saya maupun blogger yang mengunjungi blog saya ini. Kritik dan saran akan saya terima.






Thanks to:
Cangcilung (teman di forum smadav) http://dukdukmonk.blogspot.com, thanks ya Om , saya dapet ilmu baru.

VigunZ
(teman saya di forum smadav), thanks ya info darimu..

Kamis, 15 Oktober 2009

Membuat Variasi Log Pada Wall Dalam Archicad

Dalam archicad ada yang namanya wall atau dinding. Pada tutorial archicad kali ini saya akan menerangkan cara membuat variasi log pada wall. Sebenarnya dalam archicad kita bisa merubah variasi bentuk wall atau dinding dengan mudah, kita hanya merubah settingan pada log details pada wall. Dengan log detail ini kita dapat membuat bentuk-bentuk wall yang menarik, contohnya membuat wall dengan variasi dinding horizontal atau vertical. Pada tutorial ini saya menggunakan archicad versi 11. Untuk versi diatasnya juga sama saja prinsipnya. Untuk kasus kali ini, saya memakai tugas kuliah saya


Langsung saja, berikut screenshot gambar wall tugas saya yang sudah di setting dengan log details:


Ini adalah gambar sebuah wall yang sudah di edit dengan log details


Baiklah, Langkah-langkahnya adalah:


Pertama-tama pilih wall/dinding yang akan di edit dengan log details seperti pada gambar diatas.




Setelah dipilih wall nya, lalu pilih icon wall pada tool bar sebelah kiri, setelah itu akan muncul wall selection settings, lalu pilih log details.




Maka akan muncul wall Log details, lalu isikan besaran Log yang akan dirubah (dalam satuan cm), lalu centrang start with half log. Setelah itu, pilih bentuk Log shape yang akan diinginkan.




Setelah di klik ok, maka wall yang dipilih tadi akan berubah menjadi settingan log details yang sudah di buat tadi.




Hasil akhirnya seperti ini...




Semoga tutorial ini bermanfaat bagi yang mengunjungi blog saya ini…..


Untuk yang ingin meng-copy paste tutorial dalam blog saya ini, silahkan saja... asalkan mencantumkan LINK ASLINYA , YAITU BLOG INI...
Terima Kasih...

Browsing Cepat Dengan Opera

Opera sebagai salah satu browser yang cukup banyak penggunanya mengeluarkan versi terbarunya, yaitu opera 10. Akhir-akhir ini saya menggunakan opera untuk browsing, aktif di forum, me-check email, dan lainnya. Yang menarik dari opera yang pada saat artikel ini ditulis, sudah pada versi 10 adalah fiturnya yang dinamakan opera turbo. Fitur opera turbo ini menjadikan opera salah satu browser tercepat saat ini. Saya pun merasakan perubahan yang cukup berarti pada opera terbaru ini, terutama pada fitur opera turbo. Tak hanya kecepatan yang menjadi prioritas saya memilih suatu browser, adapun lainnya adalah dalam hal keamanan/security nya. Untuk opera, saya mencoba mencari tahu seberapa aman opera digunakan untuk para user/penggunanya, ternyata banyak situs/web yang mereview bahwa opera cukup aman untuk digunakan sebagai browser andalan ketika berselancar internet.



Sekarang pun sudah banyak web atau situs yang compatible dengan browser opera. Dulu saya menggunakan Mozilla firefox untuk browser , sekarang dengan fitur-fitur terbaru dari opera, saya pun beralih menggunakan opera. Menurut saya opera yang sekarang sangat terasa perbedaannya, terutama dalah hal kecepatan. Untuk itu, apabila para teman blogger ingin mendapatkan software browser yang baik, yang cepat juga aman,… menggunakan Opera bisa menjadi alternatif diantara browser-browser yang lain.


Berikut beberapa screen shot penggunaan Opera Turbo:



Screenshot ini merupakan awal pertamakali opera di aktifkan dikomputer saya, disebelah kiri bawah computer, akan muncul tanda peringatan mengenai opera turbo.




Untuk meng-aktifkan opera turbo sangat mudah, klik saja panah ke-atas pada peringatan dari opera turbo.




Ini merupakan screenshot mengenai settingan opera turbo. Kita dapat memilihnya sesuai keinginan kita. Saran saya pilih saja Automatic. Dengan automatic, opera akan secara otomatis meng-aktifkan opera turbonya.


Beberapa diantara perubahan fitur pada opera 10 ini adalah:
Fitur auto update
Fitur inline spell checker
Fitur crashlooging tool
Fitur Proxy server opera turbo
Rich text e-mail




Semoga artikel ini berguna bagi yang mengunjungi blog sederhana saya ini... terima kasih.

Easy File Locker, Untuk Data Security

Mereview software-software yang bagus dan juga freeware adalah kegemaran saya. Saya pun sebelum mempublish review software ini, terlebih dahulu mencobanya di computer saya , agar saya tahu kelebihan dan kekurangan dari software yang saya review tersebut. Kali ini saya akan me-review software untuk keperluan keamanan data, yaitu easy file locker (EFL) dari XOSLAB.COM.

Sebelumnya, saya tahu software EFL ini dari teman saya harboot. Ketika membaca artikel teman saya itu, saya melihat software EFL ini, lalu saya pun mendowonloadnya, ya..!! EFL ini ternyata software gratis atau freeware. Ukuran downloadnya pun sangat kecil, hanya sekitar 226 kb…. Cukup kecil kan? Penggunaannya juga sangat-sangat mudah digunakan, tidak memakan resources memori,

Ada beberapa fitur dari EFL yang saya sukai, diantaranya:

Adanya proteksi password ketika ingin mengaktifkan kembali suatu folder yang di locker oleh EFL

Adanya pilihan keamanan yang bisa diterapkan pada folder yang akan di Locker:
Jenis proteksi yang diterapkan dengan menggunakan Easy File Locker adalah
1.visible = suatu file atau folder yang diatur dapat dilihat
2.Accessable = dapat diakses
3.Writable = dapat ditulisi
4.Deletable = dapat dihapus



Berikut screenshot disertai contoh gambar-gambar dan penjelasan singkat mengenai Easy File Locker (EFL):


Ini adalah tampilan awal dari EFL ketika kita mengaksesnya pertamakali.




Ini adalah screenshot cara memasukkan folder atau file yang akan di Locker , caranya klik add file atau add folder, lalu pilih file atau foldernya. Lalu tentukan dengan konfigurasi apa yang akan di terapkan untuk melindungi data , terdapat 4 pilihan.




Agar orang lain tidak bisa meng-akses atau merubah data yang telah di Locker, kita harus men-setting password, caranya pilih Tab menu system, lalu pilih set password, lalu isi passwordnya.




Ini adalah tampilan ketika akan membuka program EFL, kita diminta memasukkan password. Apabila kita lupa, kita tidak bisa masuk ke program EFL tersebut.


Seperti diatas itulah penggunaan dari Easy File Locker (EFL) yang sangat mudah digunakan, dan tentunya cukup memberikan perlindungan data kita dari tangan-tangan jahil.



Berikut saya akan memperlihatkan konfigurasi EFL yang saya terapkan untuk melindungi data saya, berikut screenshotnya:


Ini adalah screenshot konfigurasi yang saya terapkan di data yang saya lindungi, saya hanya memilih menggunakan opsi Visibility…. Hasilnya, file yang saya Locker ini dapat terlihat secara kasat mata, tetapi file nya tidak bisa di akses, karena saya tidak melilih tiga opsi lainnya, dan konfigurasi ini menurut saya rekomendasi dari saya sendiri.




Ketika akan meng-aksesnya akan ada peringatan warning, document is not accessible dan access is denied.




Ketika kita mencoba meng-akses nya dengan mencoba melihat propertiesnya dengan klik kanan, maka akan terlihat bahwa file itu kosong, size nya 0 dan tidak ada file atau folder didalamnya. Padahal dalam file yang saya Locker ini terdapat banyak file dan folder. Hal ini yang saya sukai dari EFL ini.


Download Easy File Locker:


Semoga review singkat mengenai Easy File locker ini bermanfaat bagi yang mencari suatu software untuk mem-proteksi data dalam computer.
Untuk para blogger, tetap selalu mengunjungi blog saya ini, karena saya akan senantiasa memberikan tips-tips mengenai software atau hal lain yang menarik untuk di review dengan disertai contoh-contoh gambar yang mudah-mudahan dapat terlihat jelas guna mendukung penjelasan mengenai review software yang saya buat, dan ini merupakan ciri khas dari blog saya ini.


Semoga bermanfaat bagi saya dan blogger yang mengunjungi blog saya ini ….






Thanks to:
Harboot (teman saya di forum smadav) http://harboot.com
Cangcilung (teman saya di forum smadav) http://dukdukmonk.blogspot.com
Milomenz (teman saya di forum smadav) http://milomenz.blogspot.com

Jumat, 09 Oktober 2009

Fungsi Marquee Dalam Archicad Part 1

Dalam archicad terdapat tools-tools yang sangat berguna untuk membuat desain, diantaranya adalah marquee. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fungsi dari marquee dalam archicad. Hanya untuk mengingatkan, pada postingan saya yang sebelumnya, saya beberapa kali menyebut tentang marquee, tetapi saya tidak menjelaskan secara rinci fungsi dari marquee tersebut. Untuk itu saya menjelaskannya dengan disertai contoh kasus yang saya buat sendiri untuk memudahkan memahami tools marquee tersebut.

Marquee merupakan tools bantu untuk memudahkan kita meng-edit atau merubah suatu desain per-Bagian saja, tanpa harus melihat semua nya…. Maksudnya begini, ketika kita membuat sebuah denah rumah ,lengkap dengan kamar tidurnya, kamar mandinya, ruang tamu nya, lalu kita ingin men-edit dengan menambahkan furniture-furniture untuk mempercantik ruangan, kita bisa menggunakan tools Marquee perbagian ruangan…. , hal ini juga dapat meng-hemat pemakaian memori komputer kita.


Berikut saya tampilkan beberapa screen shot dari toolsMarquee dengan studi denah yang saya buat sendiri:




Ini screen shot tools marquee dan beberapa pilihan jenis marquee yang dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan untuk mengambil bagian ruang yang dibutuhkan
Untuk di marquee.





Ini contoh cara penggunaan tools marquee ,pilih bagian ruang atau bagian sudut ruang yang akan kita marquee. Pada contoh kasus diatas saya mencoba me-marquee bagian ruang dari guest room dengan marquee tipe rectangle simetris , yaitu dengan cara, klik marquee, pilih pilihan marquee yang rectangle simetris, lalu klik kanan , lalu ambil bagian yang dibutuhkan.





Untuk melihat hasil yang telah di marquee simetris, tekan tombol F5 pada keyboard, maka akan terlihat gambar seperti ini yang sudah di marquee. Pada marquee simetris ini, terlihat potongan interior yang bebentuk simetris, pada waktu terlihat secara 3 dimensi ini, kita dapat meng-edit bagian dari ruang tersebut apabila ada yang kurang atu pun ingin di tambahkan, seperti furniture nya.





Pada gambar ini saya mencoba me-marquee bagian ruang guest room dengan marquee yang asimetris, kita dapatmemilih bagian sudut dari ruang yang ingin kita perlihatkan.





Ini hasil dari marquee yang asimetris dengan menekan tombol F5 pada keyboard, terlihat bagian sudut yang tidak beraturan yang saya pilih tadi dengan di marquee.



Sekian tutorial archicad dengan pembahasan marquee part 1. Pada artikel maquee part 2 nanti akan dibahas bagaimana cara me-marquee lalu kita dapat meng-edit ruang dengan mode preview.


Semoga tutorial ini bermanfaat bagi yang mengunjungi blog saya ini… terima kasih..