This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Sabtu, 18 April 2009

ArchiCAD INDONESIA






ARCHICAD, Software CAD khusus untuk Arsitek dan Desainer Interior

Tingkatkan kemampuan profesional anda di bidang industri jasa arsitektur, desain interior dan properti pada umumnya dengan mempelajari dan menggunakan software CAD : ARCHICAD, software khusus untuk mendukung kinerja anda sebagai seorang desainer di abad informasi ini.

ARCHICAD sebagai software CAD yang dihasilkan Graphisoft Rd/Rt tersedia dalam operating system Windows dan juga Mac, telah diakui dunia sejak tahun 1984 dan semakin berkembang sampai saat ini. Prestasi ARCHICAD telah terbukti dengan selalu mendapat peringkat terbaik dalam setiap kompetisi CAD dunia. Komitmen ARCHICAD dari Graphisoft terhadap dunia Architecture/Enginering/Construction [A/E/C] akan sangat menunjang pekerjaan anda, tidak untuk saat ini saja bahkan untuk masa mendatang. Tren tersebut telah dapat diperhatikan dengan makin maraknya software developer yang mendukung Graphisoft dalam pemanfaatan add on Software bagi ARCHICAD, kini penggunaan ARCHICAD di banyak negara di dunia semakin mengokohkan kemapanan dari software ini.

Manfaat yang akan anda dapatkan dengan mempelajari software ini secara intensif, dapat anda bandingkan dengan software CAD lain. Sebuah keputusan yang bijaksana akan sangat mempengaruhi kinerja anda selanjutnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ARCHICAD silahkan hubungi Graphisoft Center Indonesia atau klik situs resmi ArchiCAD di www.graphisoft.com

Sebagai pelopor di bidang teknologi CAD yang berbasis 3D yang terus dikembangkan, kini ARCHICAD telah mencapai taraf yang jauh lebih maju dibandingkan dengan software CAD lainnya. Beberapa Fitur dan keunggulannya akan sangat mempersingkat waktu kerja, menghemat anggaran pekerjaan, mengurangi resiko kesalahan perencanaan, perencanaan yang informatif bagi klien.



ARCHICAD TRAINING PROFESSIONAL
Archicad indonesia sebagai authorized dari graphisoft, selain menyediakan software archicad asli, juga membuka training archicad professional. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi archicad indonesia di:


PT. RN+N GRAPHISOFT CENTER INDONESIA
GEDUNG TIARA BUNCIT
Unit B-23
Jl. Kemang Utara IX/9
Jakarta 12760
Phone. 62-21-79199945
Fax. 62-21-79196534
E-mail: rnndp@cbn.net.id
atau :
mail@archicadindonesia.com



Thanks banget buat mas Frinsen designworks atas bimbingannya selama saya ikut training. jangan bosen2 sama saya yang banyak nanya ya mas he..he.. hehhee.. suatu hari saya mau belajar cinema 4D sm mas...


BY: Yudha

Jumat, 17 April 2009

MELEPAS GRUP OBJEK DALAM ArchiCAD

Kadang kala ketika kita ingin meng-cut atau memotong objek , kita tidak bisa meng-cut nya. Hal ini disebabkan karena objek yang Kita akan cut itu masih dalam grup ojek. Untuk mengatasinya kita harus melepas grup objek tersebut menjadi perbagian Agar bisa kita meng-editnya atau meng-cutnya.


Misalnya, kita membuat objek dinding seperti gambar dibawah ini, dengan printah Wall. Tetapi kita ingin meng-cut/memotongObjek dinding yang terdapat di diantara dinding tersebut.



Ketika kita ingin meng-cutnya, kita tidak bisa. Ini karena objek dinding tersebut dalam keadaan terkunci,
seperti dalam gambar dibawah ini.



Agar grup objek dinding ini terbuka atau tidak terkunci, kita harus melepaskan grup objek tersebut, yaitu dengan Menekan tombol Ctrl + Shift + G ,maka grup objek dinding akan terlepas/tidak terkunci. Seperti gambar ini:

Untuk mengunci grup objek kembali, gunakan tombol Ctrl + G


Setelah grup objeknya terbuka, kita bisa meng-cutnya/memotong nya, seperti ini




original posting
BY: http://yudha-arch.blogspot.com

Rabu, 15 April 2009

SETTINGAN UKURAN UNTUK ARCHICAD

SETTINGAN UKURAN UNTUK ARCHICAD

Sebelum menggunakan archicad, terlebih dahulu kita
mengatur beberapa settingan untuk menghasilkan perhitungan yang presisi.

Tips yang saya tulis ini adalah settingan pada unit dan decimals.


Pertama-tama, klik option pada menu bar, setelah itu pilih Project Preferences, lalu pilih Working Units & Levels:



Pada Working Unit & Levels, ubah Model Unit menjadi centimeter, pada Layout Unit menjadi centimeter, dan pada Angle unit menjadi decimal degrees.
Untuk settingan parameter angka pada Woking Unit & Levels ini yang lainnya tidak perlu dirubah, mengikuti settingan standarnya saja.



Untuk melihat settingan selanjutnya, yaitu dimensions, klik Next



Pada Dimensions, rubah Standard dengan memilih Custom , pada bagian menu Linear Dimensions ubah satuan Unit menjadi Centimeter , ubah ukuran
Decimals menjadi 0 ,dan extra accuracy menjadi .5



Pada Calculation Units, ubah Length Unit menjadi Centimeter, begitu juga pada Area Unit, Volume Unit semuanya diganti
Menjadi Centimeter, pada Angle Unit, ubah menjadi Decimal Degrees , untuk parameter angka nya tidak usah dirubah, sesuai standard nya saja.




Pengaturan settingan ini akan tersimpan dalam data computer, dan apabila kita ingin memulai menggambar, kita tinggal membuka settingan yang sudah dibuat ini tanpa perlu membuat settingan baru lagi karena sudah otomatis di simpan…
semoga bermanfaat…




original posting
BY: http://yudha-arch.blogspot.com

Thanks to: http://archicadindonesia.com

SHORTCUT ARCHICAD

SHORTCUT ARCHICAD

Penggunaan shortcut dalam archicad sangat membantu sekali , menggunakan shortcut mungkin akan lebih cepat memberi perintah menggambar daripada kita meng-klik menu di tool box atau menu bar atau juga dengan meng-klik kanan. Berikut shortcut yang biasa digunakan sehari-hari, apabila ada shortcut yang belum dimasukkan, bisa menambahkan nya sendiri, hanya itu yang saya ingat, tapi sepertinya masih ada lagi..


SHORTCUT ARCHICAD

Floor Plan = F2
3D View = F3
Mirror + copy = Ctrl + Shift + M
Miror = Ctrl + M
Copy + Geser = Ctrl + Shift +D
Geser = Ctrl + D
Copy + Putar = Ctrl + Shift + E
Putar = Ctrl + E
Select Setting = Ctrl + T
Multiply/Penambahan = Ctrl + U
Geser lurus = Ctrl
Undo = Ctrl + Z
Redo = Ctrl + Shift + Z
Cut = Ctrl
Ukuran Dimensi = Shift + R
Aksonometri = ctrl + F3
Perspektif = Shift + F3
3D Projection setting = Ctrl + Shift + F3
Membuat grup objek = Ctrl + G
Melepas grup objek = Ctrl + Shift + G
Pinset = Alt
Jarum Suntik = Ctrl + Alt
Story setting = Ctrl + 7
Snap = S
Save/Menyimpan = Ctrl + S
Save as = Ctrl + Shift + S
Trace = Alt + F2
Page Setup = Ctrl + Shift + P
Print = Ctrl + P
Elevate = Ctrl + 9



original posting
BY: http://yudha-arch.blogspot.com

Minggu, 12 April 2009

Meredam Panas dan Mengurangi Temperatur Bumi



Air Conditioner (AC) dibutuhkan jika panas ruangan semakin menjadi. Sebelum itu terjadi, kurangi panas dengan menggunakan material insultasi pada atap.


Mencegah panas matahari masuk ke dalam rumah adalah fungsi material insulasi pemantul panas. Caranya dengan memantulkan sinar matahari dan meredam panas yang merambat masuk.

Material ini terbuat dari aluminium foil murni. Ditempatkan sebagai lapisan di bawah atap, sehingga memantulkan panas matahari yang menerpa atap rumah sebelum masuk ke dalam ruangan di bawahnya.

Aluminium foil berfungsi memantulkan panas dari sinar matahari hingga 97 persen. Di bagian tengah lapisan insulasi ini terdapat spons atau plastik berlubang. Fungsinya untuk meredam rambatan radiasi panas matahari, sehingga panas matahari tidak dapat merembes ke ruangan di bawah atap.

Menggunakan material insultasi ini dapat berdampak positif bagi penggunaan energi listrik. Berkurangnya temperatur ruang dapat membantu mengurangi penggunaan AC sebagai pendingin ruangan. Dengan demikian, konsumsi energi listrik pun dapat ditekan. Plus, dengan meminimalkan penggunaan AC, kita dapat membangu mengurangi peningkatan temperatur Bumi.



BY: http://yudha-arch.blogspot.com

Referensi BY: http://www.ideaonline.co.id